Partisipasi Pemilih Naik, Ada yang 100 Persen

  • Whatsapp
PANTAU KOTAK SUARA- Waka Polres Basel Kompol Suwinto bersama sejumlah perwira dan anggota TNI terlihat memantau tempat penyimpanan kotak suara di PPK Kecamatan Lepar Pongok, Jumat (19/4/2019). (foto: Dedi Irawan)

Banyak Warga tak Bisa Nyoblos

SUNGAILIAT – Banyaknya warga yang tidak bisa menggunakan hak pilihnya dalam Pemilihan Umum (pemilu) 2019, menjadi perhatian serius KPU Bangka, Kamis (18/4/2019).
Berdasarkan laporan yang diterima KPU, banyak warga yang tidak bisa menggunakan hak pilih karena terbatasnya surat suara.

“Kita menerima laporan terkait banyaknya warga yang ingin mencoblos menggunakan e-KTP, namun hanya beberapa warga saja yang bisa ikut memilih karena terbatasnya surat suara. Setiap TPS hanya disediakan dua persen surat suara lebih dari jumlah DPT jadi tidak banyak. Jika jumlah DPT 200 jadi surat suara yang disiapkan untuk DPK cuma sekitar empat lembar saja,” kata Ketua KPU Bangka, M. Hasan, Kamis (18/4/2019).

Dia juga mengaku terkejut atas antusiasme warga yang begitu tinggi sehingga banyak TPS kekurangan surat suara. Untuk itu pihaknya KPPS segera menyuruh warga mencari TPS lain yang masih memiliki surat suara lebih. “Kalau memang sudah habis, kita sarankan kepada warga untuk pindah TPS terdekat dan masih dalam satu dapil,” tambahnya.

Hasan juga mengaku dalam pergelaran pesta demokrasi ini, pihak KPU Bangka masih memiliki kekurangan sehingga terdapat beberapa kesalahan. “Wajar saja ada sedikit kesalahan karena kita juga manusia, apa lagi yang kita urus ini surat suara yang begitu banyak,” ungkapnya.

Selain itu, dia menambahkan, hampir 68 persen ketua dan anggota PPS merupakan wajah baru yang baru berkecimpung dalam pemilihan umum sehingga masih kaku dalam menjalankan tugasnya. “Dalam penyelenggaraan kali ini banyak orang baru karena petugas yang sudah dua priode tidak boleh lagi jadi kita rekrut orang baru,” terang Hasan.

Sementara itu, Anggota KPU Bangka, Iman Supiar menegaskan pihaknya sendiri tidak akan melakukan pemilihan ulang karena sejauh ini, belum menerima rekomendasi dari Bawaslu.

“Tidak ada pemilihan ulang di daerah kita. Untuk pemilihan ulang ini harus ada rekomendasi dari bawaslu tapi sampai saat ini belum ada,” ungkapnya, Kamis (18/4/2019).

Namun ia mengatakan akan segera menyiapkan segala keperluan pemilihan ulang jika seandainya itu akan diadakan di Kabupaten Bangka. “Jika memang ada akan dipersiapkan semuanya. Intinya kita menjalankan sesuai dengan aturan,” tambahnya.

Rekap Suara

Sementara itu, di Bangka Selatan, Komisioner KPUD setempat, Hery menanggapi persoalan beberapa warga yang tidak bisa menggunakan hak pilih dengan e-KTP. Menurutnya, hal itu dikarenakan penggunaan surat suara Daftar Pemilih Tetap (DPT) di beberapa TPS ada yang mencapai 100 persen ditambah dengan cadangan 2 persen.

Menurutnya, pendistribusian surat suara di tiap- tiap TPS sesuai jumlah DPT ditambah dua persen surat suara cadangan sesuai dengan aturan. Pengguna e-KTP baru bisa terakomodir jika ada surat suara Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang tidak digunakan.

“Persoalannya pertama, DPT yang terpakai mencapai seratus persen. Tidak bisa ditambah karena aturannya memang sesuai DPT ditambah dua persen. Kecuali ada DPK atau DPT yang tidak terpakai, itu baru bisa digantikan e-KTP,” ujar Hery, disela sela meninjau proses pendistribusian kotak suara di PPK Toboali, Kamis (18/4/2019).

Ia menambahkan, warga yang masuk dalam DPK bisa mendatangi beberapa TPS terdekat yang masih tersisa surat suara DPT yang tidak digunakan. “Jika memang surat suara habis, silahkan pindah ke TPS lainnya yang masih ada surat suara,” jelasnya.

Sementara itu, Jumat (19/4/2019), sejumlah Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) mulai melakukan rekapitulasi penghitungan perolehan suara Pileg dan Pilpres Pemilu 2019. Di Bangka Selatan, ada enam PPK telah melakukan rekapitulasi suara.

Rekapitulasi dilakukan oleh PPK Payung, Tukak Sadai, Kepulauan Pongok, Simpang Rimba, Airgegas, dan Lepar Pongok. Sementara dua lainnya yakni PPK Toboali dan Pulau Besar baru dilaksanakan Sabtu.

“Kami mulai rekap sejak pukul 09.31 WIB. dan saat ini Kami sedang memimpin Sidang Pleno PPK Tukak Sadai. Rekapitulasi berlangsungsung ke l di GS Tukak Sadai,” kata Ketua PPK Tukak Sadai, Ahmad Habibi.

Pada hari yang sama Wakapolres Basel Kompol Suwinto bersama perwira Polres Basel terlihat sempat memantau rekapitulasi surat suara PPK salah satunya PPK Kecamatan Lepar Pongok. (mg419/raw/6)

Related posts