by

Partai Garuda 0 MS dalam Verifikasi Faktual

 

Koba – Dua partai baru yakni Partai Garuda dan Partai Berkarya pasca keputusan Bawaslu RI sudah dilakukan verifikasi faktual. Untuk Partai Garuda dari 33 sampel, sebanyak 33 Tidak Memenuhi Syarat (TMS) dan 0 Memenuhi Syarat (MS). Sedangkan Partai Berkarya dari 19 sampel, sebanyak 11 MS dan 8 TMS.

“Partai pasca Keputusan Bawaslu RI, ada dua partai yakni Berkarya dan Garuda. Untuk Berkarya dari 19 sampel, 11 MS dan 8 TMS. Kemudian Partai Garuda dari sampel 33, sebanyak 0 MS dan 33 TMS. Keduanya masuk tahapan perbaikan keanggotaan. Sampai saat ini belum ada yang menyampaikan,” ujar Rusdi, Divisi Hukum dan Pengawasan KPU Bateng saat dikonfirmasi rakyatpos.com, Selasa (16/1/2018).

Menurut dia, partai baru yang belum memenuhi ketentuan minimal 18 KTA, maka harus dilakukan perbaikan keanggotaan. Mekanisme perbaikan keanggota sesuai dengan Surat Keputusan KPU RI No. 233/PL.01.1-Kpt/03/KPU/XII/2017. Selain itu, aturan pelaksanaan verifikasi faktual perbaikan dengan metode sampel sesuai Surat KPU RI Nomor 31/PL.01.1-SD/03/KPU/I/2018. “Silakan menyampaikan data keanggotaan bagi parpol yang MS-nya masih dibawah 18 KTA yang dibuka dari tanggal 13-26 Januari 2018,” terangnya.

Diungkapkannya, ada beberapa macam mekanisme dalam tahapan perbaikan. Pertama, seumpama jumlah penduduk sebanyak 180.000 jiwa, maka mereka menyampaikan tahap awal sebanyak 200 orang. Kemudian diverifikasi secara faktual, contohnya Partai Berkarya sebanyak MS 11 orang dikalikan 10, hasilnya 110.

“Mereka memperbaiki itu ada 3 alternatif. Kalau mengacu ke jumlah penduduk, maka sebanyak 70 orang mereka mengajukan ke KPU. Kedua, sebanyak TMS misalnya 8 dikalikan 10, jumlahnya 80 orang, itulah disampaikan. Selanjutnya, mereka menyampaikan melebihi syarat awal asal data itu terdaftar di Sistem Informasi Partai Politik (Sipol). Terakhir, MS awal ditambah hasil perbaikan yang kedua, hingga jumlahnya mencapai 18 KTA,” ungkapnya.

Ia menambahkan, data TMS Parpol dianggap gugur dan mereka tidak boleh menyampaikan kembali. “Parpol harus menyampaikan data perbaikan terbaru ke KPU. Untuk diketahui, yang diverifikasi faktual adalah nama, Nomor KTA, NIK, alamat, kecamatan, desa dan kelurahan. Untuk jadwal penyusunan berita acara hasil verifikasi faktual kepengurusan dan keanggotaan. Selanjutnya penyampaian hasil verifikasi faktual ditingkat Kabupaten Bateng kepada Provinsi Babel tanggal 7 Februari 2018,” ujarnya. (ran)

Comment

BERITA TERBARU