Parhan Hadiri Sembahyang Bulan

No comment 99 views

MUNTOK – Bupati Bangka Barat H Parhan Ali menghadiri undangan sembahyang bulan umat Khonghucu di klenteng Khong Fuk Miau Muntok Rabu (4/10/2017). Klenteng itu merupakan klenteng tertua di Muntok yang bersebelahan dengan masjid Jami.

Parhan hadir pukul 5 sore disambut Ketua Kelenteng Lim Sen Khian diiringi dua barong sai. Parhan didampingi Kepala Dinas Pariwisata Suwito, Kepala LH Megawati, Camat Muntok, Kasat Pol PP Sidarta Gautama serta kepala OPD lainnya. Tampak juga anggota DPRD Yuhanis dan Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) H Bahtiar.

Lim Sen Khian mengatakan sembahyang bulan dilakukan setiap bulan 8 tanggal 15 kalender cina. Sembahyang mulai dilakukan jam 5 sore ketika awal munculnya bulan. Sembahyang juga menyajikan minyak wangi, bedak dan lain sebagainya mengingat sembahyang bulan untuk dewi bulan.

Selain sembahyang bulan lanjut Sen, pihaknya juga menyajikan hiburan orgen dan barong sai serta makan ketupat yang pasti halal untuk memperingati HUT Kota Muntok ke 283 yang jatuh 7 September, karena waktunya berdekatan.

Masyarakat yang hadir disajikan ketupat, empek-empek, otak-otak. “Kita ingin mempererat silahturahmi antar umat, semua makanan dimasak orang muslim,” ujarnya.(wan/3).

No Response

Leave a reply "Parhan Hadiri Sembahyang Bulan"