Panwaslu Kabupaten Wajo Puji Pangkalpinang

No comment 300 views

PANGKALPINANG – Tiga Komisioner Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Pangkalpinang dari Kabupaten Wajo, Provinsi Sulawesi Selatan, memuji Kota Pangkalpinang dalam hal toleransi dan partisipasi masyarakat dalam pembangunan kota itu sendiri.

Hal itu diungkapkan Rahmat Munawar, bersama kedua rekannya, Andi Malarangeng dan Abdul Malik, saat berdialog dengan Wakil Ketua DPRD Pangkalpinang, Depati Gandhi, Rabu (1/11/2017), usai menghadiri Bimbingan Teknis (Bimtek) Komisioner Panwaslu yang digelar Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu)Bangka Belitung, di Hotel Santika Bangka, selama 4 hari.

Kata Rahmat, mereka yang mengikuti Bimtek tersebut mendapatkan penjelasan tentang kondisi politik masyarakat di Ibukota Provinsi Bangka Belitung ini.

Menurutnya, karakter masyarakat Bangka Belitung khususnya Pangkalpinang mencerminkan sikap yang sangat toleran. Sikap itu diunggulkan dalam proses Pilkada serentak yang akan digelar 2018 mendatang.

“Banyak hal yang kami pelajari di Pangkalpinang ini khususnya karakter masyarakat khususnya pemilih dalam Pilkada. Kami nilai Pangkalpinang sangat baik,”ujarnya.

Dia mencontohkan perbandingan karakter masyarakat di Kabupaten Wajo dengan karekter masyarakat Pangkalpinang adalah dua hal yang berbeda. Namun memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Menurutnya, di Pangkalpinang masyarakatnya secara terbuka menerima proses Pilkada tersebut tanpa mengkotak-kotakkan kandidat. Sementara jelasnya, di Kabupaten Wajo, ikatan kekeluargaan atau klan masih sangat kental.

“Ikatan itu sangat kental, ya ibaratnya seperti mengkotak-kotakkan kandidat dalam pilkada. Namun kalau di Pangkalpinang kami lihat terbuka sekali. Namun perbedaan itu tentunya adalah keanekaragaman dari masing-masing daerah yang membuatkan kita menjadi Indonesia,”jelasnya.

Komisioner Panwaslu Kabupaten Wajo lainnya, Andi Malarangeng menambahkan, Pangkalpinang pun dinilai memiliki semangat dan partisipasi yang baik dalam hal pemilihan Kepala Daerah.

Katanya, jika dibandingkan daerah mereka Pangkalpinang lebih antusias.

” Disini (Pangkalpinang) kami nilai masih sangat aktif dan partisipatif dalam hal pemilihan kepala daerah. Tingkat kepedulian terhadap keberhasilan pesta demokrasi itu terlihat sekali. Sedangkan kalau kita bandingkan dengan Kultur masyarakatnya di Wajo, lebih banyak ke bisnis. Ya bisa disebut kepeduliaannya mengawasi pemilu lebih rendah,”sebutnya.

Namun dia menyakini, dengan Bimtek yang telah dilaluinya sejak Minggu 29 Oktober hingga sampai Selasa kemarin, dirasakannya cukup sebagai referensi untuk meningkatkan keaktifan dan partisipasi masyarakat Wajo dalam proses Pilkada serempak mendatang.

“Meningkatkan partisipasi kepada masyarakat agar peduli pada Pilkada demi pembangunan yang lebih baik. Selaun itu kita juga mendapatkan wawasan bagaiman penanganan perkara sengketa pilkada. Dari mulai menerima, memproses menyelesaikan dan memutuskan laporan dari sengketa Pilkada tersebut,”ujarnya. (bum/7)

No Response

Leave a reply "Panwaslu Kabupaten Wajo Puji Pangkalpinang"