Panwaslu Bateng Terima 22 Berkas Pelamar

No comment 170 views

*Hari Keempat Pendaftaran Panitia Panwaslu

KOBA – Masuk hari keempat masa pendaftaran Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kecamatan di Kabupaten Bangka Tengah (Bateng), para calon pelamar mulai membanjiri kantor lembaga pengawas pemilu. Pada Selasa (10/10/2017) saja, total 22 berkas calon pelamar yang berasal dari 6 kecamatan telah diterima oleh pihak Panwaslu Kabupaten Bangka Tengah.

Ketua Kelompok Kerja (Pokja) Perekrutan Panwaslu Kecamatan, Wahyu Tri Buwono mengatakan dari 22 berkas yang telah diterima pihaknya tersebut, terdiri dari Kecamatan Koba sebanyak 4 orang, Kecamatan Pangkalan Baru sebanyak 6 orang.

Selain itu ada pelamar dari Kecamatan Namang sebanyak 3 orang, Kecamatan Simpang Katis sebanyak 2 orang, Kecamatan Lubuk Besar sebanyak 6 orang dan Kecamatan Sungai Selan sebanyak 1 orang.

“Sebenarnya pendaftaran sudah kita buka sejak Sabtu dan Minggu kemarin, mungkin karena faktor cuaca yang kurang bersahabat, makanya calon pelamar mulai ramai mendaftar pada hari ini (kemarin-red),” ujarnya.

Masa pendaftaran Panwaslu Kecamatan itu, katanya, akan dibuka hingga Jum’at tanggal 13 Oktober 2017. Khusus untuk hari terakhir pendaftaran, pihaknya akan melayani penerimaan berkas hingga malam hari pukul 21.00 WIB.

“Sesuai dengan time line yang sudah kita susun, masa pendaftaran mulai tanggal 7 Oktober 2017 hingga 13 Oktober 2017,” ucapnya.

Diterangkannya, pihaknya harus memenuhi kuota minimal 9 orang di setiap kecamatan. Jika ada kecamatan yang belum memenuhi kuota pendaftar, maka pihaknya akan memperpanjang masa pendaftaran selama tiga hari khusus untuk kecamatan yang belum memenuhi kuota.

“Kalau sudah diperpanjang masa pendaftarannya, tapi belum juga terpenuhi kuotanya, maka proses seleksi tetap kita lanjutkan,” tegasnya.

Wahyu meyakini kuota minimal di seluruh kecamatan ini akan terpenuhi. Apalagi pihaknya telah menyebar info rekrutmen ini melalui berbagai cara, seperti penyebaran spanduk di seluruh kecamatan, pemasangan informasi rekrutmen di seluruh kantor camat dan iklan melalui salah satu radio di Kota Koba.

“Kita yakin kuota di setiap kecamatan akan terpenuhi. Untuk itu, kita memanggil dan mengajak seluruh masyarakat di Bangka Tengah yang memenuhi syarat agar dapat bergabung bersama dalam lembaga pengawasan guna mengawal demokrasi di daerah kita dengan baik,” tambahnya.

Setelah penerimaan berkas berakhir, Wahyu menyampaikan, tahapan selanjutnya yang akan dilakukan pihaknya, yakni melakukan penelitian administrasi. Penelitian administrasi dilakukan menyangkut berbagai aspek, seperti usia minimal, pendidikan minimal, keterlibatan dalam partai politik, dan lain sebagainya.

“Untuk pelaksanaan test tertulis itu rentang waktunya tanggal 16-21 Oktober 2017. Namun, kita masih akan berkoordinasi dengan Bawaslu Provinsi Babel untuk penetapan hari pelaksanaan tes, karena ini berkaitan dengan soal test yang langsung berasal dari Bawaslu Provinsi,” tukasnya. (ran/3)

No Response

Leave a reply "Panwaslu Bateng Terima 22 Berkas Pelamar"