by

Panwaslu Bangka Maksimalkan Pencegahan Pelanggaran Pemilu

Ketua Panwaslu Kabupaten Bangka Corrie Ihsan mengatakan pada rapat koordinasi kali ini penyampaian paparan dari pihak penyelanggara KPU dan Panwas untuk mencari solusi ke depan.
Ia menerangkan jika di Bangka bukan tidak ada pelanggaran tapi informasi pelanggaran minim disampaikan ke Panwaslu.

Menurutnya ada informasi-informasi yang harus Panwas tindaklanjuti tapi tidak tidak bisa naik dalam proses selanjutnya karena memang syarat materiilnya tidak terpenuhi. Panwas dengan Kejaksaan kemudian dengan kepolisian menetapkan dan tidak bisa dinaikkan pidana Pemilu

“Seperti di Karya Makmur dan terakhir di Puding Besar. Ketika sudah di kami, saksi tidak hadir. Ada hal lain yang kami pertimbangkan sehingga ini tidak bisa naik karena tidak memenuhi unsur. Oleh kami dengan Kejaksaan kemudian dengan kepolisian menetapkan itu tidak bisa dinaikkan menjadi pidana Pemilu,” jelasnya.

Ia mengakui jika suasana pilkada di Bangka tidak sepanas di Pangkalpinang. Karena fungsi pencegahan dimaksimalkan. “Mudah-mudahan ke depan seperti yang kita harapkan. Pemilu berintegritas, hasilnya terpilih pemimpin yang juga berintegritas,” pungkasnya.(snt)

Comment

BERITA TERBARU