by

Panwaslu Bangka Ingatkan KPU Soal Pemilih Ganda

-Politik-246 views

SUNGAILIAT – Panwaslu Kabupaten Bangka menganalisa Daftar Pemilih Sementara (DPS) Pilkada yang beberapa waktu lalu ditetapkan KPU Bangka. Pihaknya berharap adanya data akurat sampai nanti ditetapkannya DPS menjadi DPT (Daftar Pemilih Tetap) dan diperhatikan untuk masalah data ganda identik.

“Untuk sementara dalam proses analisa panwas ada berapa kita temukan ganda identik, data ganda antardesa, antarkecamatan dan antarkabupaten dengan Kota Pangkalpinang,” kata Ketua Panwaslu Kabupaten Bangka, Corry Ihsan kepada wartawan, Selasa (10/4/2018).

Pihaknya, lanjut dia, sudah menyampaikan surat pemberitahuan kepada KPU Kabupaten Bangka untuk melakukan perbaikan. Pihaknya menemukan ada data ganda dalam DPS yang ditetapkan KPU beberapa waktu lalu.

“Kami akan terus menganalisa, apakah nanti akan ditemukan ganda lain, kalau masih ada akan kami sampaikan dan diteruskan ke KPU. Kami harapkan data analisa itu, ketika itu ganda identik dengan orang yang sama oleh KPU bisa menghapus itu dalam DPS pada perubahan hingga DPT nanti,” katanya.

Data ganda itu tersebar di seluruh wilayah kabupaten Bangka termasuk salah satunya terjadi pada Desa Kace Timur yang berbatasan dengan Kota Pangkalpinang. Dikhawatirkan dengan data ganda dalam DPS akan memungkinkan pemilih melakukan coblos lebih dari satu kali.

Sejauh kini pihaknya sudah melihat KPU bersama dukcapil telah melakukan tindakan riil antara lain rekaman KTP di desa Kace Timur yang diharapkan ada efek perubahan dalam data pemilu. Diduga, data ganda seperti di Desa Kace Timur karena adanya coklit baik dari petugas Kabupaten Bangka maupun Kota Pangkalpinang kepada penduduk setempat.

“Ada juga orang yang terdata di desa sama tapi di desa berbeda dilakukan coklit juga, nah itu yang muncul ganda padahal orangnya sama,” ujarnya.

Selain data ganda, Panwas juga memperhatikan data orang yang telah meninggal tapi masuk DPS, serta orang dengan umur tidak masuk akal namun terdata. Panwaslu pun berharap masyarakat aktif mengecek apakah telah terdaftar dalam DPS hingga DPT nanti.

“Kami juga membuat posko pengaduan untuk permasalahan ini di tiap kecamatan kalau ada permasalahan dalam pendataan akan kami tindaklanjuti,” ujarnya. (2nd/10)

Comment

BERITA TERBARU