Panwaskab Bateng Gandeng Pers

No comment 53 views

Panitia Pengawas Pemilu Kabupaten Bangka Tengah bersama awak media dalam rangka membantu mengawal jalannya Pemilihan Legislatif dan Pemilihan Presiden 2019.(foto: ran).

Kawal Pileg dan Pilpres 2019

KOBA – Panitia Pengawas Pemilu Kabupaten (Panwaskab) Bangka Tengah (Bateng) akan menggandeng sahabat pers untuk membantu mengawal jalannya Pemilihan Legislatif (Pileg) dan Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019.

Koordinator Divisi Pencegahan dan Hubungan Antar Lembaga (Hubal) Bawaslu Babel, Andi Budi Yulianto berharap peran serta sahabat pers untuk membantu mengawal dan mengawasi jalannya Pemilu 2019 nanti agar berjalan baik, damai dan berkualitas.

“Selain masyarakat, kita mengajak sahabat pers yang berasal dari kawan-kawan media di Bateng untuk turut serta membantu Panwaskab Bateng sebagai penyelenggara untuk bersama-sama mengawasi pelaksanaan Pemilu 2019,” ujarnya.

Dikatakannya, Panwaskab Bateng tidak akan maksimal pengawasannya bilamana tidak dibantu oleh sahabat pers.

Bentuk kerjasama, nantinya kata dia, bisa dituangkan dalam MoU atau nota kesepahaman yang isinya mengawasi, mengawal dan memonitor setiap kegiatan Pemilu 2019 di Bateng baik Pileg dan Pilpres.

Hal ini diungkapkan Andi didampingi Kasubag Hukum, Humas dan Hubal Bawaslu Babel, Yaumil Ikrom disela-sela pertemuan tentang pengawasan kepemiluan di Sekretariat Panwaslu Bateng, Senin (04/12/2017).

Ketua Panwaskab Bateng Robianto menambahkan, tetap memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada masyarakat khususnya sahabat pers untuk mengawasi pelaksanaan Pemilu 2019.

“Setiap informasi atau laporan kepemiluan yang masuk ke Panwaskab Bateng tetap akan ditindaklanjuti dengan catatan sesuai unsur-unsur pelanggaran yang ditetapkan dalam aturan yang berlaku, seperti ada pelapor, ada sanksi, dan ada alat bukti. Jika pelapor keberatan karena takut tidak dilindungi, silakan lapor secara lisan biar petugas kita yang menindaklanjuti,” ungkap Robi.

Terpisah, Kasubag Hukum, Humas dan Hubal Bawaslu Babel, Yaumil Ikrom menerangkan, terkait money politik kadangkala sangat sulit dibuktikan karena harus memenuhi unsur-unsur pelanggaran, yakni ada barang bukti, pelapor dan saksi-saksi.

Jika hal itu terbukti, kata Yaumil, maka bisa dikenakan sanksi berat kepada yang bersangkutan, yakni didiskualifikasi sebagai peserta Pileg dan Pilpres 2019.

“Kalau terbukti melakukan tindakan money politik atau politik uang, maka bisa dikenakan sanksi berat, yakni pembatalan sebagai peserta Pemilu baik di Pileg dan Pilpres nantinya,” imbuhnya.(ran/3)

No Response

Leave a reply "Panwaskab Bateng Gandeng Pers"