Panwas Tertibkan APK di Tempat Terlarang

  • Whatsapp

Banyak Terdapat di Koba & Pangkalanbaru

KOBA – Alat Peraga Kampanye (APK) pasangan Calon Gubernur Babel 2017 yang terpasang di tempat terlarang langsung ditertibkan Panitia Pengawas (Panwas) Kabupaten Bangka Tengah (Bateng) pada Kamis (12/01/2017) kemarin. Penertiban dilakukan secara serentak di seluruh kecamatan di wilayah itu. Kegiatan penertiban mulai sejak pukul 08.00 WIB.

Koordinator Divisi Penindakan dan Penanganan Pelanggaran Panwas Kabupaten Bateng, Robianto menyampaikan, penertiban tersebut serentak oleh seluruh Panwascam berkoordinasi dengan BKO Sat Pol PP Kecamatan didampingi Polsek masing-masing.

Langkah penertiban setelah rapat koordinasi bersama stakeholders terkait dan seluruh tim pemenangan pasangan calon menyikapi adanya pelanggaran dalam pemasangan APK. “Kegiatan penertiban ini merupakan tindaklanjut dari rapat koordinasi yang dilakukan sebelumnya bersama pihak terkait,” ujarnya kemarin.

Pihaknya lebih mengedepankan tindakan secara persuasif dengan berkoordinasi bersama seluruh tim pemenangan pasangan calon agar dapat menurunkan sendiri APK yang melanggar guna menjaga kondisi sosial dan kamtibmas.

“APK yang ditertibkan itu merupakan jenis spanduk, umbul-umbul, baligho dan bukan kategori APK dari ketiga jenis itu,” terangnya.

Ia menyampaikan, APK yang ditertibkan ini terdapat tiga kategori APK yakni APK yang tidak sesuai desain dan materi yang disampaikan kepada KPU, APK yang melebihi jumlahnya dan APK yang pemasangannya tidak sesuai dengan Keputusan KPU Provinsi Kep. Bangka Belitung Nomor 54 tahun 2016.

“APK yang ditertibkan oleh seluruh Panwascam kami ini merupakan yang termasuk dalam tiga kategori pelanggaran itu,” tuturnya.

Diungkapkannya, sebelum ditertibkan telah memberikan kesempatan kepada tim pemenangan pasangan calon untuk dapat membenahi APK yang melanggar sesuai dengan hasil rapat koordinasi bersama stakeholders terkait dan seluruh tim pemenangan pasangan calon pada tanggal 05 Januari 2017 kemarin.

“Ia memberikan waktu kepada seluruh tim pemenangan untuk membenahi APK mereka yang melanggar. Disetujui oleh seluruh tim pemenangan yang hadir dalam rapat koordinasi tersebut. Jadi, hari ini (kemarin-red) jika masih ada yang kita ketahui melanggar sesuai dengan tiga kategori tersebut, maka akan kita tertibkan,” ungkapnya.

Ia menambahkan, APK yang melanggar paling banyak terdapat di Kecamatan Koba dan Kecamatan Pangkalan Baru. Enam kecamatan yang ada di Kabupaten Bateng, hanya satu kecamatan saja yang tidak ada pelanggaran, yakni Kecamatan Simpang Katis.

Sedangkan lima kecamatan lainnya terdapat pelanggaran. “Saat ini, diamankan di seluruh Sekretariat Panwascam. Kita masih berkoordinasi dengan Bawaslu Babel apakah barang bukti yang diamankan ini boleh diambil atau tidak oleh tim pemenangan pasangan calon,” tukasnya. (ran/3).

Related posts