Panwas Basel Gelar Simulasi Pungut Hitung

  • Whatsapp
Panitia Pengawas Pemilu Bangka Selatan ketika melakukan Simulalasi Pungut Hitung 2017 yang berlangsung di SMA Negeri 1 Toboali, Selasa (3/1/2016). Simulasi yang dipimpin oleh Komisioner Panwas Hendriyadi dan Ferry dihadiri Panwascam Toboali, panitia pengawas lapangan (PPL) se Kecamatan Toboali serta staf Sekretariat Panwaskab Basel.(foto: raw).

 

TOBOALI – Panitia Pengawas Pemilu Bangka Selatan menggelar Simulalasi Pungut Hitung 2017 di SMA Negeri 1 Toboali, Selasa (3/1/2016). Simulasi yang dipimpin oleh Komisioner Panwas Hendriyadi dan Ferry dihadiri Panwascam Toboali, panitia pengawas lapangan (PPL) se Kecamatan Toboali serta staf Sekretariat Panwaskab Basel.

Ketua Panwaslu Basel, Sahirin, mengungkapkan simulasi pungut hitung diharapkan dapat memberi pembekalan dasar tentang pengawasan khususnya bagi PPL yang menjadi ujung tombak pemilihan.

Simulasi ini juga diharapkan dapat mendekatkan penyelenggara pemilu dengan berbagai persoalan yang mungkin muncul di TPS di daerah masing-masing. “Simulasi ini, dilakukan untuk memberikan pemahaman kepada Panwascam dan PPL tentang proses pungut hitung di TPS, sebelum mereka merekrut pengawas TPS,” jelas Sahirin.

Ia menambahkan, simulasi ini juga memberikan pencerahan bagaimana solusi ketika menghadapi pemilih yang tidak mempunyai identitas kependudukan, pemilih yang pindah TPS, pemilih yang menggunakan formulir A-5 serta persoalan-persoalan lain yang mungkin bisa muncul di TPS masing-masing kecamatan.

Dalam simulasi tersebut, juga dipaparkan materi peran dan fungsi dan kewjiban KPPS dalam penugasan proses perhitungan suara, proses dan fungsi serta kewajiban Panwalu Basel, Panwascam dan PPL pada Pilkada serentak 2017. “Dijelaskan juga tentang potensi pelanggaran pada pilkada serentak 2017, potensi pelanggaran, penanganan pelanggaran, peran fungsi pengawas TPS pada proses pemungutan dan perhitungan suara di TPS. Simulasi ini digelar karena pada Pilkada 2017 serentak tahun 2017. Pengawas TPS selain mengawasi setiap proses pungut hitung di TPS, mereka juga harus merekam setiap kejadian yang terjadi pada proses pungut hitung di TPS,” urai Sahirin.

Dalam simulasi ini juga dilakukan setiap proses hitung di TPS yang dimulai dari pengambilan sumpah anggota KPPS oleh Ketua KPPS sampai pada proses penyerahan kotan suara ke PPS. (raw/3).

Related posts