Panwas Basel Ajak Masyarakat Awasi Pileg dan Pilpres

  • Whatsapp

TOBOALI – Panitia Pengawas Pemilu Kabupaten Bangka Selatan (Basel) menggelar rapat koordinasi stakeholder pada pemilu legislatif (pileg) dan pemilihan presiden (pilpres) tahun 2019, Senin (18/12/2017) di Hotel Grand Marina Toboali.

Rakor yang menghadirkan narasumber dari Komisi Pemilihan Umum, Kesbangpol, Ketua NU Basel dan Komisioner Panwaslu Basel Divisi Pencegahan & Hubal, dibuka langsung Bupati Bangka Selatan Justiar Noer yang diwakili oleh Asisten Pemerintahan & Kesra Bangka Selatan, Asri Husman.

Asri dalam sambutannya berharap semua tahapan Pemilu dan Pilpres 2019 khususnya di Bangka Selatan dapat berjalan sukses, aman dan lancar serta tentunya jujur dan adil.

Untuk itu, Asri berharap penyelenggara pemilu mulai dari KPU, Panwaslu bersama TNI-Polri serta Linmas Pemkab Basel dapat bekerja optimal dan meminimalisir pelanggaran.

Meski begitu, Asri menegaskan bahwa suksesnya tahapan pileg dan pilpres adalah tanggung jawab semua elemen masyarakat untuk sama-sama menjaga jalannya pemilu.

Sementara itu, Ketua Panwaslu Basel Sahirin menyebutkan kegiatan ini digelar sebagai bentuk amanat Undang -Undang No. 7 Tahun 2017, untuk meningkatan partisipasi seluruh unsur masyarakat dalam mengawasi proses penyelenggaraan pemilihan umum.

“Kami sadar dan tidak mau takabur karena, dengan jumlah anggota panwaslu kabupaten Bangka Selatan yang hanya berjumlah 3 orang, kami tidak akan mampu mengawasi secara maksimal seluruh proses tahapan penyelenggaraan pemilu tanpa adanya peran serta masyarakat dalam mengawasi proses pemilu,” ungkapnya.

Untuk itu, lanjut Sahirin melalui Rakor ini Panwaslu berharap kepada seluruh unsur masyarakat dapat berpartisipasi aktif untuk menyampaikan informasi awal kepada panwaslu terkait adanya dugaan pelanggaran Pemilu.

“Dan tegur kami jika ada anggota pengawas kami yang diragukan integritasnya,” imbuhnya.

Rakor tersebut diikuti peserta dari perwakilan Polres Bangka Selatan, Kajari, Danramil, Danposmat AL, KPU, Ormas, OKP, LSM, parpol dan media. (raw)

Related posts