Pantau Pelanggar Lalin, Dishub Pasang CCTV di Lampu Merah

  • Whatsapp

Pangkalpinang – Kedepan para pelanggar lalulintas yang kerap lolos menerobos persimpangan lampu merah tidak akan bisa mengeles lagi.
Pasalnya, Dinas Perhubungan (Dishub) Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Pemprov Babel) memasang kamera pengintai atau CCTV di sejumlah perempatan lampu merah di kota Pangkalpinang.
Kadishub Babel, KA. Tajuddin mengatakan, pihaknya akan melakukan ujicoba terlebih dahulu terhadap penggunaan CCTV di lampu merah ini.
“Iya bener, kita pasang CCTV di sejumlah titik perempatan lampu merah, seperti di perempatan lampu merah Ramayana, Air Itam, Semabung dan Kantor Pos,” kata Tajuddin, Senin (16/9/2019).
Meskipun baru ujicoba, namun ia berharap masyarakat dapat tertib dalam berlalu lintas, mentaati aturan berlalu lintas dan tidak melakukan pelanggaran ketika berada di lampu merah tersebut, misalnya dengan menerobos meskipun lampu berwarna merah sedang menyala.
“Akan terlihat pelanggaran seperti apa yang dilakukan masyarakat ketika di lampu merah, jika selama ini mereka bebas, maka dengan CCTV ini kita pantau,” sebutnya.
Namun sayangnya, Tajuddin belum menyebutkan hingga kapan ujicoba ini diterapkan, dan sanksi seperti apa yang akan dikenakan kepada pengguna kendaraan yang melanggar.
Informasi mengenai CCTV di lampu merah ini, juga sudah tersebar kepada masyarakat, baik mellaui media sosial Facebook maupun pesan di WhatsApp yang disampaikan secara berantai oleh masyarakat untuk saling mengingatkan dan mematuhi peraturan berlalu lintas. (nov/6)

Related posts