Pantai Tujuan Favorit Selama Libur Panjang

  • Whatsapp

SUNGAILIAT – Sumber daya alam terutama pantai di Kabupaten Bangka menjadi salah satu sumber daya yang sangat besar untuk dijadikan potensi untuk dikembangkan. Diakui Kepala Dinas Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Bangka, Asep Setiawan, pantai di Kabupaten Bangka ini masih menjadi tempat liburan favorit selama libur lebaran idul fitri kemarin.
“Pantai-pantai kita seperti pantai Tikus Emas, Tanjung Pesona, Parai, Matras, Penyusuk, Pulau Putri, termasuk juga Pagoda di Pantai Nirwana menjadi destinasi favorit masyarakat selama libur lebaran kemarin, banyak masyarakat datang, baik lokal maupun luar Pulau Bangka yang menghabiskan libur lebarannya kemarin di pantai-pantai kita, ada yang datang pagi pulang sore, atau menginap di hotel dekat pantai,” kata Asep, Senin (3/7/17) di Kantor Bupati Bangka.
Lebih lanjut Asep mengatakan, untuk mengantisipasi dan membuat warga nyaman selama menikmati indahnya pemandangan dan panorama pantai, pihaknya bekerjasama dengan kepolisian, Kesehatan, Perhubungan, Tagana, termasuk juga Laskar Sekaban selama lebaran mengontrol dan memantau terus situasi dan kondisi di lapangan terutama di daerah pantai yang banyak dikunjungi warga.
“Kita selalu siap dengan menghindari hal-hal yang tidak diinginkan demi keamanan, kenyamanan dan keselamatan pengunjung,” ungkap Asep.
Kedepan juga Asep mengharapkan para pengunjung dapat menjaga kebersihan tempat-tempat pariwisata sehingga terlihat bersih dan rapi.
“Petugas kebersihan sangat membantu kita, mereka sigap membersihkan lingkungan pantai, terutama di Pantai Matras dan sekitarnya,” kata Asep.
menurutnya lagi, selama lebaran idul fitri kemarin tingkat pengunjung ke daerah pariwisata terutama pantai banyak dikunjungi masyarakat memanfaatkan libur lebaran.
“Alhamdullilah, tingkat pengunjungnya meningkat, hampir semua daerah datang berkunjung ada, baik dari kabupaten lain di provinsi Bangka Belitung, maupun dari luar Pulau Bangka,” ungkap Asep usai apel bersama di halaman Kantor Bupati Bangka.
Diuraikan mantan Kepala Dinas Lingkungan Hidup ini, selain pengunjung juga, tingkat hunian hotel juga meningkat tajam. Hampir semua hotel di Kabupaten Bangka ini terisi penuh.
“Kita terus memantau, hotel-hotel juga seperti di dalam kota Sungailiat maupun di pinggir pantai, full semuanya, Tanjung Pesona penuh, ST 12, Paray, dan lainnya, terisi semua,” katanya lagi.
Kedepan Asep juga berharap, seiring dengan semakin banyak dikenalnya pariwisata di Kabupaten Bangka, diharapkan kualitas pariwisata di Kabupaten Bangka semakin maju dan bersaing dengan pariwisata di daerah lainnya.
“Yang penting kita saling menjaga dan meningkatkan kualitas baik dari segi infrastruktur maupun hal lainnya, seperti keamanan dan penjagaan pantai dan pengunjung juga,”katanya.
Terkait pelayanan, Asep menambahkan untuk pengelolaan dan pelayanan diatur oleh masyarakat langsung seperti di Pantai Matras, Pantai Air Anyir dan lainnya, namun kontribusinya tetap ke kas daerah.
“Kita hanya koordinasi dan memantau, karena pengelolaan oleh masyarakat sendiri, dan alhamdullilah lancar semuanya, berkat kerjasama semua pihak termasuk juga dengan pengelola pantainya, ” tukasnya.
Sementara itu, Wawan (35), salah satu warga Jakarta yang mudik lebaran ke Kota Pangkalpinang ketika ditemui beberapa waktu yang lalu di Pantai Matras mengungkapkan, dirinya sangat terkesan dengan keindahan pantai di Pulau Bangka, terutama yang ada di Kota Sungailiat.
“Pasirnya itu, putih, sangat jarang ditemukan di daerah lainnya, selain itu juga batu granitnya semakin menambah keindahan pantai,” ungkap Wawan. (rls/6)

Related posts