Pantai Tanjung Gunung Layak Dijadikan KEK

No comment 180 views


Ibnu Fokus Pemberdayaan Ekonomi Kerakyatan

KOBA – Program Bupati Bangka Tengah Ibnu Saleh akan fokus kepada pemberdayaan ekonomi kerakyatan dalam rangka meningkatkan pertumbuhan ekonomi di daerah itu. Hal ini sudah dituangkan dalam RKUA dan PPAS APBD Bateng 2018.

Sektor unggulan yang berdampak langsung ke masyarakat tersebut adalah pertanian, perkebunan, perikanan, pariwisata, dan pengelolaan sumber daya alam.

Menurut Ibnu Saleh, komuditas yang bisa menunjang ekonomi kerakyatan adalah budiaya tanaman lada, budidaya bawang merah, budiaya tanaman hortikultura, seperti cabe, terong, kacang panjang, mentimun dan sejenisnya. Selain itu, sektor pangan, seperti jagung, kacang tanah, kedelai ikut menunjang.

“Sektor yang bisa menunjang ekonomi kerakyatan, contohnya budidaya tanaman lada dan tanaman bawang. Budidaya tanaman lada sudah menjadi warisan masyarakat Bateng dan tidak ada alasan untuk tidak menanam. Demikian juga budidaya bawang merah. Kedua komuditi itu diharapkan dapat meningkatkan ekonomi masyarakat didaerah ini,” ujar Ibnu Saleh saat dikonfirmasi Rakyat Pos, kemarin.

Khusus tanaman lada kata Ibnu, kualitas lada Bangka bukan hanya ditentukan oleh harga melainkan bagaimana meningkatkan jumlah produksinya.

Mendengar harga lada yang saat ini menurun, lanjutnya, jangan membuat petani lada patah semangat apalagi berhenti menanam lada. Namun bagaimana kondisi fluktuasi harga lada yang tidak menentu saat ini secepatnya kita sikapi.

“Menyikapi harga lada yang cenderung menurun drastis dari angka tertinggi Rp200.000/kilogram turun ke harga Rp60.000 hingga Rp80.000/kilogram. Salah satunya kita menggandeng pihak bulog sebagai lembaga penyimpan lada petani. Setelah harga naik, baru petani bisa menjual kembali ladanya yang disimpan,” ungkapnya.

Selain pertanian, sektor lain yang sedang digaraf Ibnu adalah sektor pariwisata. Untuk sektor ini, katanya, pihaknya sudah menetapkan Pantai Tanjung Gunung Kecamatan Pangkalan Baru sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK). Objek wisata telapak dewa di pantai tersebut menjadi daya tarik para wisatawan lokal, nasional dan manca negara.

“Terkait KEK itu, dalam waktu dekat akan ada pemantauan dari Tim Kementerian Pariwisata ke Tanjung Gunung. Untuk lahan pun Pemda Bateng telah menyiapkan lahan seluas 140 hektar. Menurut kami, Pantai Tanjung Gunung layak dijadikan KEK, karena selain dekat dengan Bandara Depati Amir, lokasi juga berdekatan dengan empat pulau yakni Pulau Semujur, Pulau Gusung Asam, Pulau Ketawai dan Pulau Pebuar. Kalau ini terwujud, luar biasa dampak baiknya,” tukasnya. (ran/3).

No Response

Leave a reply "Pantai Tanjung Gunung Layak Dijadikan KEK"