Pantai Gusung Tanjung Berikat Incaran Wisatawan



Fasilitas Pendukung Sudah Dibangun
Berharap Ada Dorongan dari Pemkab

LUBUK BESAR – Pantai Gusung yang terletak di paling ujung Tenggara Pulau Bangka tepatnya Dusun Tanjung Berikat Desa Batu Beriga Kecamatan Lubuk Besar, Bangka Tengah saat ini menjadi incaran para wisatawan. Kenapa begitu, karena objek wisata Pantai Gusung tersebut ternyata banyak memiliki keindahan, seperti lautnya biru, pasirnya putih, airnya jernih, dataran laut yang landai, serta memiliki potensi ikan dan udang yang luar biasa.

Bahkan saat ini, fasilitas pendukung sudah dibangun di Pantai Gusung itu oleh pemerintah setempat, seperti toilet, tempat mandi air tawar, saung atau tempat bersantai maupun sarana pendukung lainnya.

Karena memiliki keindahan yang luar biasa, maka Pantai Gusung tidak heran banyak dikunjungi para wisatawan lokal maupun domsestik. Bahkan setiap akhir pekan atau weekend, banjir pengunjung yang mendatangi Pantai Gusung untuk sekedar berlibur.

Kades Batu Beriga, Endang Setiawan saat dikonfirmasi soal Pantai Gusung mengatakan, objek wisata itu sejak 2016 mulai dikembangkan. Dengan potensi wisata yang ada, Endang yakin bisa memberikan kesan yang baik bagi para wisatawan yang berkunjung ke Pantai Gusung.

“Kami melihat potensi wisata di pantai ini sangat baik. Karena tidak ada di Bangka Belitung ini pantai yang memiliki dua sisi garis pantai yang membentang hingga 2 kilometer lebih. Ini dijumpai hanya di Pantai Gusung ” ungkapnya, Minggu (23/04/2017).

Dikatakannya, Pantai Gusung sejak dua bulan terakhir ramai dikunjungi wisatawan lokal yang berasal dari Kota Koba dan Kota Pangkalpinang. Karena Pantai Gusung menjadi progres, maka Endang berharap sentuhan dan perhatian dari Pemkab Bangka Tengah untuk dipoles lebih baik lagi.

“Perhatian dari pemerintah daerah memang belum ada untuk pengembangan Pantai Gusung. Maka, kami sangat berharap nantinya ada dorongan dari pemkab. Untuk awal-awal, kami hanya mengandalkan media sosial untuk mempromosikan objek wisata Pantai Gusung, paling tidak jangan cuma ini,” tuturnya.

Endang menambahkan, fasilitas yang dibangun di pantai tersebut sepenuhnya bersumber dari ADD (Alokasi Dana Desa) Batu Beriga. Sedangkan fasilitas yang dibangun oleh Pemkab Bangka Tengah belum ada sama sekali.

“Ada 8 unit saung yang telah kami bangun dengan ADD. Kami juga membangun fasilitas toilet dan tempat bilas, serta tempat jualan minuman dan makanan ringan. Saya sangat berharap adanya perhatian dari Pemkab Bangka Tengah untuk mengembangkan destinasi wisata ini,” tukasnya. (ran/3).

Print Friendly
No Response

Leave a reply "Pantai Gusung Tanjung Berikat Incaran Wisatawan"