Panitia Siap Sukseskan Peringatan Bulan PRB

  • Whatsapp

Persiapan Sudah 80 Persen

PANGKALPINANG- Peringatan Bulan Pengurangan Risiko Bencana (PRB) nasional tahun 2019, tinggal dua hari lagi. Panitia pelaksana baik dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) maupun Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pemprov Babel, kian gencar mempersiapkan perhelatan yang dihadiri ribuan orang ini.

Kalakhar BPBD Babel, Mikron Antariksa menyebutkan persiapan jelang peringatan bulan PRB ini sudah rampung 80 persen dan berbagai koordinasi pun terus dilaksanakan. “Kami juga rapat bersama baik dengan pusat maupun kabupaten dan kota, kita juga bersiap untuk penyambutan, transportasi dan sebagainya,” kata Mikron, Selasa (8/10/2019).

Panitia, lanjut dia, juga mempersiapkan finishing pameran 11-13 Oktober 2019 di Alun-alun Taman Merdeka, field trip dan penanaman pohon pun terus dipersiapkan. “Diharapkan pada hari H rampung semua, memang kendala yang utama adalah koordinasi karena melibatkan banyak unsur menunggu kebijakan pusat sebagai panitia utama,” ulasnya.

Sementara itu, untuk komunitas motor, menurut Mikron saat ini pun sudah mulai berjalan dari daerah masing-masing dan mengkampanyekan PRB di masing-masing daerah dengan titik kumpul di Provinsi Sumsel. “Bikers dari Sumatera dan Jawa yang terdata 1.300-an lebih, target kita 2.000 kendaraan yang ikut dalam kegiatan ini,” sebutnya.

Para bikers ini, lanjut dia, akan menginap di Terentang, Kabupaten Bangka Tengah dan penyambutan oleh Bupati Bangka Barat di Muntok. Peserta lain dari BPBD se-Indonesia akan menginap di Bangka dan Belitung dan diperkirakan semua hotel penuh.

“Dengan adanya kegiatan ini memberikan nilai ekonomis membantu masyarakat Babel, kita juga sediakan pameran, agar peserta bisa berbelanja dan membantu pelaku UMKM Babel,” tandasnya.

Mikron menambahkan, peringatan bulan PRB ini akan dihadiri pejabat dari kementerian, yang sudah memastikan diri hadir adalah Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, kemudian Gubernur Jawa Barat, dan pejabat lainnya dari berbagai provinsi se-Indonesia.(nov/10)

Related posts