Pangkalpinang Sempat Diselimuti Kabut Asap, Satelit Deteksi 91 Titik Panas

  • Whatsapp

PANGKALPINANG – Pasca kebakaran di Jalan Lintas Timur, Air Anyir, Merawang Selasa kemarin, pada Rabu (11/9/2019) pagi, beberapa wilayah di Kota Pangkalpinang dan Kabupaten Bangka, diselimuti kabut asap.

Kabut asap ini mulai dirasakan sekitar pukul 06.00 pagi di daerah Kampak, Tua Tunu Pangkalpinang, begitu pula di Jalan Pal 9 dan Lintas Timur Kabupaten Bangka. Meskipun tak berlangsung lama, namun kabut asap ini sempat dikeluhkan oleh masyarakat.

Kalakhar BPBD Babel, Mikron Antariksa mengatakan kebakaran yang terjadi di kawasan Lintas Timur memang memakan waktu lama baru bisa dipadamkan. Meskipun api sudah padam, namun diperkirakan masih terdapat sisa-sisa bara, sehingga menimbulkan asap.

BPBD bersama Tim Satgas Kekeringan Provinsi Babel sejak kemarin malam sudah membagikan masker kepada warga.

“Satgas Kekeringan terdiri dari BPBD, RS provinsi dan PMI, Pramuka, TNI dan Polri sudah turun langsung membagikan masker kepada warga khususnya yang beraktivitas di luar rumah,” kata Mikron, Rabu (11/9/2019). “Sudah ribuan masker kita bagikan ke warga sejak kemarin, tadi malam juga sudah diberikan kepada warga di Jalan Lingkar Timur,” tambahnya.

Dia memastikan, kabut asap yang terjadi bukan kabut asap kiriman dari daerah tetangga, melainkan berasal dari kebakaran yang terjadi di Lintas Timur. “Ini (kabut asap-red) bukan kiriman tapi memang dari Lintas Timur, terbawa angin, lokasi yang terdampak, yang tak jauh dengan lokasi kebakaran,” ulasnya.

Sementara, Kasi Informasi dan Data BMKG Kelas 1 Pangkalpinang, Kurniaji mengatakan asap yang ada di beberapa titik baik itu di Pangkalpinang maupun Bangka bukan kiriman dari luar, melainkan dari kebakaran lahan di Jalan Lintas Timur Bangka.

“Asap kita sendiri yang terbawa angin, bukan kiriman dari Kalimantan atau Sumatera,”kata Kurniaji. “Untuk penerbangan, alhamdullilah hingga saat ini masih normal tidak terganggung dengan asap karhutla,”terangnya.

Dia menambahkan berdasarkan pantauan satelit, pada Rabu (11/9/2019), ada 91 titik panas di Babel saat ini, tersebar di Bangka 23 titik, Bangka Barat 5 titik, Bangka Selatan 30 titik, Bangka Tengah 17 titik, Belitung 3 titik, Belitung Timur 6 titik dan Pangkalpinang 2 titik.(nov/10)

Related posts