Pangkalpinang Peringkat 84 Pengelolaan Kearsipan

  • Whatsapp

“Walau kekurangan sumber daya manusia kita masih mampu bersaing. Pencapaian ini sudah cukup baik namun belum secara maksimal. Ini yang harus kita tingkatkan,”

Kekurangan Tenaga Arsiparis

PANGKALPINANG – Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Pangkalpinang Latif Pribadi, mengaku masih kekurangan arsiparis, dalam penataan dan pengelolaan kearsipan

Dia merinci, saat ini Pemkot Pangkalpinang hanya memiliki enam orang arsiparis. Padahal seharusnya setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) paling tidak memiliki satu orang arsiparis.

“Kita hanya memiliki enam orang arsiparis dan jumlah itu saya rasa kurang dalam pengelolaan arsip daerah. Ke depan kita akan memperbaiki kondisi arsip di Pangkalpinang dan berharap setiap OPD memiliki satu orang arsiparis,”ujarnya.

Kendati demikian, Latif menegaskan saat ini Pemkot Pangkalpinang berhasil menduduki urutan ke 84 dari 508 kabupaten/kota se-Indonesia dalam hal pengelolaan kearsipan.

“Walau kekurangan sumber daya manusia kita masih mampu bersaing. Pencapaian ini sudah cukup baik namun belum secara maksimal. Ini yang harus kita tingkatkan,”jelasnya.

Dia membeberkan, pihaknya sedang mendorong agar arsip dikelola secara fungsional dan mempersiapkan sumber daya yang mumpuni. Salah satu yang dilakukan adalah mengadakan bimbingan teknis pengelolaan arsip daerah.

“Pengelolaan arsip sangat penting untuk mengatur dokumen agar sesuai dengan peletekannya. Kearsipan juga dapat menentukan nilai aset. Jika kita hitung keuntungannya di lima tahun atau sepuluh tahun mendatang. Arsip tertata dengan baik. Misalnya mencari dokumen batas wilayah, kalau arsip tertata akan lebih mudah didapatkan. Juga arsip rumah dinas, mudah mencari yang terdahulu. Inilah pentingnya arsip,”tukasnya. (Bum/7)

Related posts