Pangkalpinang Dicanangkan Jadi Kota Tertib Berbahasa

 

Kegiatan pembinaan bahasa media massa di Puncak Hotel, Kamis (12/10/2017).(foto:Nurul Kurniasih)

PANGKALPINANG– Kota Pangkalpinang diwacanakan untuk dijadikan Kota Tertib Berbahasa. Pasalnya penggunaan bahasa Indonesia di ibukota Provinsi Babel ini dinilai sudah cukup baik.

“Penggunaan bahasa di kota ini tak mengkhawatirkan, kami canangkan Pangkalpinang kota tertib berbahasa, melihat pengunaan bahasa sudah cukup bagus walupun masih ada pengunaan yang belum sesuai harapan kita,” ungkap Kepala Kantor Bahasa Bangka Belitung (Babel), Hidayatul Astar, dalam acara pembinaan bahasa media massa di Puncak Hotel, Kamis (12/10/2017).

Ia berharap kesadaran pemangku kepentingan, pengusaha untuk mengutamakan bahasa Indonesia dalam kehidupan sehari-hari atau dalam berbahasa. “Bukan tak boleh pake bahasa daerah atau asing, yang penting kita tau kapan waktu menggunakan bahasa-bahasa ini,” tandasnya.

Kota tertib berbahasa ini, lanjutnya, merupakan yang pertama di Indonesia, karena di kota lain belum ada yang mendeklarasikan sebagai kota tertib berbahasa. “Kami akan buat baliho permanen, ketika melewati itu kita sadar kalau berbahasa secara tertib itu penting,” ujarnya.

Pencanangan ini, diharapkan dapat dilaksanakan pada peringatan bulan bahasa yang diperingati pada bulan Oktober ini, diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat dalam berbahasa.

“Kantor bahasa mempunyai tugas mengembangkan membina dan mengayomi bahasa di Babel, pembinaan bahasa bagian penting selain pengembangan dan perlindungan bahasa, mari kita bersama mengembangkan, membina dan melindungi bahasa kita,” kata Hidayat. (nov)

No Response

Leave a reply "Pangkalpinang Dicanangkan Jadi Kota Tertib Berbahasa"