Pangkalpinang Banjir Lagi, Dewan Minta Pemkot Lakukan Evaluasi

  • Whatsapp

PANGKALPINANG – Hujan lebat yang mengguyur wilayah Kota Pangkalpinang, dari Minggu pagi hingga siang (5/5/2019) menyebabkan sejumlah daerah terendam banjir. Banjir yang selalu menghantui warga setiap hujan turun ini diantaranya terjadi di wilayah Kampung Bintang, Rawa Bangun, Jalan Ahmad Yani dan sejumlah lokasi lain.

Menanggapi banjir tersebut, anggota DPRD Kota Pangkalpinang, Rio Setiady mengatakan harus ada evaluasi menyeluruh terkait penanganan banjir dari pemerintah kota dan dinas terkait. Dia tak menampik curah hujan yang tinggi membuat banyak drainase di sejumlah daerah yang tak mampu menampung debit air.

“Ada beberapa lokasi yang terkena dampak banjir adalah daerah yang selama ini termasuk jarang atau belum pernah terjadi banjir, seperti di daerah Taman Bunga Bukit Baru atas,” kata Rio kepada Rakyat Pos, kemarin.

Dia mengatakan program normalisasi sungai yang telah dilaksanakan tiga tahun terakhir oleh pemerintah kota juga perlu dievaluasi outputnya. “Jika ada problem baru saya kira solusinya tidak bisa hanya itu-itu saja. Perlu ada langkah antisipasi lainnya, karena masyarakat akan sering terkena dampaknya,” kata politisi Partai Keadilan Sejahtera ini.

Rio menegaskan, limpahan air dari daerah tetangga yaitu Bangka Tengah bisa dicari tahu apakah menjadi salah satu penyebab banjir di wilayah kota. Melibatkan pemerintah provinsi, katanya adalah suatu keniscayaan. “Komisi tiga akan memberikan perhatian pada masalah banjir ini, karena sudah miliaran anggaran yang diberikan untuk meminimalisir banjir di ibukota Provinsi Babel,” katanya. (ron/10)

Related posts