Bangka

Pandemi Covid-19, Dinkes Bangka Tetap Buka Posyandu Remaja Lupus


Petugas Puskesmas Pemali memberkan masker kepada anak-anak yang menjadi peserta layanan Posyandu Remaja Lupus, namun tidak mengenakan masker.(foto: ist).

RAKYATPOS.COM, PEMALI – Hingga saat ini, masa Pandemi Covid-19 belum usai. Kendati begitu, layanan kesehatan masyarakat tetap harus dilaksanakan, namun dengan tetap mengikuti  dengan protokol kesehatan.

Salah satu layanan kesehatan masyarakat yang diberikan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka melalui Puskesmas Pemali, adalah tetap membuka layanan Posyandu Remaja Lupus (tokoh fiksi novel remaja era 80-an), yang berlangsung Sabtu (5/09/2020), di Lapangan Pasar Gale-gale, Gang Ambalat Desa Karya Makmur, Pemali, Bangka, Bangka Belitung.

Dia area pelaksanaan kegiatan, koordinator kegiatan Puskesmas Pemali sudah mempersiapkan tempat cuci  tangan sebagai salah satu bagian dari protokol kesehatan.

“Semua orang yang berhubungan langsung dengan kegiatan harus menggunakan masker, dan tetap menjaga jarak untuk menghindari penyebaran Covid-19,” kata Andini Nugraini, Promosi Kesehatan (Promkes) Puskesmas Pemali kepada rakyatpos.com.

Posyandu remaja ini,dijelaskannya, merupakan program untuk anak usia remaja 10 sampai dengan 18 tahun. “Kegiatan ini dilaksanakan setiap hari Sabtu minggu pertama setiap bulan, pada pukul 15.00 wib, sehingga tidak menggangu jam sekolah,” ungkapnya.

Selain pemeriksaan tinggi badan, berat badan dan tekanan darah, dalam kegiatan serupa dilakukan juga pembagian masker gratis kepada remaja oleh kader Posyandu Desa Karya Makmur.

Kegiatan lain disebutkannya, adalah  penyuluhan kesehatan oleh kader yang sudah terlatih dengan pendampingan oleh bidan dan petugas gizi Puskesmas Pemali.

Pembagian doorprize berupa tempat minuman kepada peserta remaja yang beruntung, merupakan rangkaian penutup kegiatan diakhir pekan tersebut.

Ditambah Andini, kegiatan yang sudah berjalan satu tahun lebih ini, adalah kerja sama antara Puskesmas Pemali dan Desa Karya Makmur.

Andini berharap agar kegiatan posyandu remaja dapat meningkatkan kunjungan dan kepedulian masyarakat tentang kesehatan

“Ke depan, kami dari Puskesmas Pemali di bawah Dinas Kesehatan Bangka, akan melakukan roadshow keliling di RW secara bergantian untuk meningkatkan kesadaran dan kepedulian remaja akan pentingnya kesehatan,” tutupnya.(rel/han).

Pages: 1 2

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

ads






To Top