Panas dan Licin, Kondisi Pasar Kite Dikeluhkan

  • Whatsapp

Banyak Pembeli Jatuh Tergelincir
Harga Bahan Pokok Stabil

SUNGAILIAT – Inspeksi mendadak harga bahan pokok yang dilakukan Bupati Bangka, Mulkan didampingi Kapolres AKBP Budi Ariyanto, di pasar kite Sungailiat, Senin (14/5/2019) menjadi momen berharga para pedagang sekitar untuk menyampaikan langsung sejumlah persoalan kepada orang nomor satu di daerah itu.
Rahma salah satu pedagang menyebutkan, kondisi pasar kite saat ini sangat panas meskipun sudah ada beberapa kipas besar yang stanby.
“Kebersihan sudah bagus tapi semakin panas, terlebih lagi kalau musim kemarau panasnya luar biasa soalnya ventilasinya kurang,” ungkapnya.
Selain itu, ia juga mengeluhkan kondisi lantai yang licin dan mengakibatkan beberapa warga yang beberlanja terpeleset dan jatuh.
“Lantainya licin, sudah banyak yang jatuh. Kita kasian saja terlebih lagi nanti ada ibu-ibu yang lagi hamil. Makanya kita kita sangat hati-hati kalau jalan disini,” tambahnya.
Mendengar keluhan pedagang, Mulkan menyatakan akan melakukan renovasi ulang gedung pasar kite.
“Kita akan kaji dan pelajari dulu, kalau bisa nanti kita akan benahi lagi. Kasian sama pedagang kita yang harus menahan panas dan pengap di dalam sana apalagi saat H-1 atau H-2 lebaran yang jumlah pengjungnya lebih banyak,” ungkapnya.
Pemkab akan memperbanyak ventilasi pasar tersebut dan akan dilakukan pada tahun 2020 nanti.
“Jika tidak ada halangan tahun 2020 nanti akan kita benahi, tapi ini kita akan pelajari aturan merubah aset itu bagaimana, jangan sampai nanti jadi bermasalah,” terangnya.
Pada kesempatan itu, Bupati dan Kapolres mengelilingi lapak pasar sambil menyapa para pedagang. Mulkan juga bertanya tentang harga barang pokok memasuki pekan kedua Bulan Suci Ramadan tahun ini.
”Bagaimana harga barang kita Bu? Amankan? Harganya normal kan,” tanyanya kepada salah satu pedagang.
Ia menjelaskan, sidak dilakukan hanya ingin memastikan kalau harga bahan pokok di Pasar Kite tidak mengalami fluktuasi harga yang memberatkan masyarakat.
“Kalau untuk harga barang-barang sendiri hari ini, tidak ada masalah. Intinya harga-harga di sini (Pasar Kite) stabil tadi kita lihat,” jelasnya usai melakukan sidak.
Sedangkan Kapolres Bangka, AKBP Budi Aryanto menambahkan pihaknya akan melakukan rapat tentang Satgas Pangan bersama dengan Pemda Bangka.
“Besok (hari ini) kita bersama pemda akan rapat terkait Satgas Pangan, Insyaallah nanti semua yang berkaitan dengan pasar ini bisa kondusif,” ungkapnya.
Ia juga menghimbau agar pedagang untuk tidak menimbun barang agar tidak terjadi kelangkaan dan kenaikan harga.
“Kalau barangnya ditimbun dan langka tentu harganya juga akan ikutan naik, ini yang tidak kita inginkan,” imbuh Budi. (2nd/mg419/6)

Related posts