Pakai PAC, PDAM Tirta Bangka Lebih Berhemat

  • Whatsapp
Direktur PDAM Tirta Bangka, Suhendra

SUNGAILIAT – PDAM Tirta Bangka saat ini menggunakan Poly Aluminium Chloride (PAC) untuk menjernihkan air baku sebelum disuplai ke lebih dari 11 ribu konsumennya. Sebelumnya perusahaan milik daerah ini memakai tawas.

Direktur PDAM Tirta Bangka, Suhendra mengatakan dengan menggunakan PAC, pihak perusahaan bisa lebih berhemat karena tidak memerlukan banyak bahan untuk menjernihkan air.

Muat Lebih

“Harganya (PAC-red) memang lebih mahal dibandingkan dengan tawas tapi setelah kita hitung justru lebih hemat karena jika kita menggunakan tawas butuh tujuh ton, tapi kalau pakai PAC hanya dua ton saja,” ungkap Suhendra kepada wartawan, Kamis (16/1/2020).

Selain itu, dia menambahkan, dengan menggunakan PAC air jadi lebih bening dan biru dibandingkan dengan menggunakan tawas yang selama ini digunakan PDAM.

“Dibandingkan dengan menggunakan tawas, air yang menggunakan PAC justru lebih jernih dan biru, untuk kotoran yang melekat di pipa-pipa kita juga berkurang,” tambah Suhendra.

Ia juga mengatakan masyarakat tidak perlu khawatir terkait kesehatan air dari PDAM Tirta Bangka karena selalu melakukan pengecekan dari instansi terkait.

“Setahun kita empat kali cek kesehatan air oleh dinas kesehatan dan lingkungan hidup jadi konsumen tidak perlu khawatir,” tegasnya.

Namun, hingga saat ini, Suhendra belum menyarankan masyarakat untuk langsung mengkonsumsi air PDAM Tirta Bangka secara langsung meskipun pH air yang dihasilkan sudah layak minum.

“pH kita sudah 6 sampai 7 yang artinya layak minum tapi tetap harus dimasak dulu, apa lagi masyarakat kita selalu masak air dulu sebelum dikonsumsi. Sebenarnya tidak apa-apa kalau memang langsung dikonsumsi soalnya kita pernah mengkonsumsi langsung dan hasilnya baik-baik saja,” terang Suhendra. (mla/10)

Pos terkait