by

Pakai Aset Jalan, Pemprov akan Tarik Retribusi

-Berita Kota-475 views

Diterima Lewat DAU

PANGKALPINANG- Untuk menambah pendapatan asli daerah (PAD) Pemprov Bangka Belitung (Babel) merencanakan untuk memungut retribusi dari pemanfaatan jalan yang merupakan aset provinsi.

Kepala Bakuda Babel Ferry Aprianto menyebutkan, pemprov memiliki aset jalan yang menjadi kewenangan provinsi. Disepanjang jalan ini, yang dimanfaatkan oleh berbagai pihak baik untuk tiang PLN, penggalian kabel fiber optik dan lainnya bisa dipungut retribusi.

“Aset jalan yang dimanfaatkan pihak lain bisa diambil retribusi, kita sedang mendata dan berkoordinasi dengan PU, nanti melalui KPKNL yang menilai berapa besarannya,” kata Ferry, usai rapat di ruang Tanjung Pesona, Kantor Gubernur Babel, Senin (12/3/2018).

Sementara itu, Kepala Dinas PUPR Babel Noviar Ishak menyebutkan, untuk memungut retribusi ini, jalan provinsi harus terlebih dahulu di sertifikat.

“Kalaupun nanti di pungut, itu masuknya ke pusat, kita menerima dalam bentuknya DAU (Dana Alokasi Umum), bisa sebetulnya, tetapi kami coba melalui teman-teman nanti sertifikasi jalan, setelah ada sertifikasi baru kita bisa melakukan pungutan pemanfaatan di daerah milik jalan (DMJ),” jelasnya.

Noviar tak memungkiri, jika nanti sudah ada sertifikasi pemanfaatan seperti tiang listrik, penggalian fiber optik dan pemanfaatannya bisa dikenakan retribusi.

“Kalau sekarang belum ada hak jalan provinsi yang mana, bisa saja mereka berdalih tidak masuk DMJ, kalau sudah ada sertifikasi nanti jelas yang masuk jalan provinsi ini lebarnya sekian, yang dimanfaatkan dimana,” kata Noviar.(nov/10)

Comment

BERITA TERBARU