Pajak Daerah Basel Baru Terealisasi 6 Miliar

  • Whatsapp

Target Pajak Daerah Rp20,9 Miliar

TOBOALI – Hingga Mei 2019, pajak daerah yang menjadi penyumbang PAD di Bangka Selatan (Basel) baru terealisasi Rp6 miliar. Sementara target pajak daerah tahun ini (2019), mencapai Rp20,9 miliar.

Kendati ada beberapa jenis pajak yang mengalami penurunan, namun Pemkab Basel optimis target pajak daerah mampu terealisasi.

“Kalau tahun kemarin pajak daerah melebihi target, dari target Rp20,7 miliar, terealisasi Rp23,4 miliar. Namun, untuk tahun ini, target pajak daerah kita tingkatkan Rp20,9 miliar, dan baru terealisasi sampai bulan April kemarin Rp6 miliar,” ujar Kabid Penerimaan Daerah Bakuda Basel, Yoko F Ratzumury kepada wartawan, Jumat (17/5/2019).

Ia menyebutkan, Pajak Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB) diperkirakan kurang mampu terealisasi targetnya sebesar Rp3,5 miliar. Saat ini, BPHTB baru terealisasi sebesar Rp253 juta dengan persentase sebesar 7 persen.

“Kalau untuk BPHTB mungkin targetnya tidak terealisasi. Belum ada potensi yang signifikan besar, objek yang mendongkrak. Rencananya, akan kita turunkan targetnya pada APBD-P nanti, dibahas bersama TAPD, Banggar di DPRD untuk masuk di Perda. Paling turun sekitar angka Rp1,5 miliar sampai Rp2 miliar,” imbuhnya.

Bakuda Bidang Pendapatan Daerah akan mengoptimalkan empat jenis pajak lainnya seperti pajak Hotel, Restoran, PPJ dan pajak Mineral Bukan Logam dan Batuan guna mencapai target.

Mineral bukan logam dan batuan dan PPJ akan dinaikkan untuk menutupi BPHTB. “Menutupi selisih penurunan ketidaktercapaian BPHTB dengan memaksimalkan PPJ dan mineral, dengan menaikkan pajaknya. Juga pajak HGU dan HGB yang biasa besar, cuma tahun ini tidak ada, padahal besar, biasanya dapat di atas Rp1 miliar dan PBB target Rp2 miliar, mudah-mudahan terealisasi,” harapnya.

Ia menambahkan, Bakuda Basel akan tetap berusaha mengoptimalkan objek pajak yang belum tergali dengan terus menyesuaikan target PAD dengan melihat sumber pendapatan dari capaian per bulannya. Sehingga, diharapkan, target pajak daerah tahun ini alami peningkatan sekitar Rp500 juta – Rp900 juta.(raw/3).

Related posts