Pabrik Arak Terbesar Digerebek

  • Whatsapp
Inilah pabrik pembuatan arak skala besar di lingkungan Kuday yang digerebek Satpol PP Bangka, Rabu (22/11/2017). Sebanyak 9 jerigen arak siap jual diamankan. (Foto: C. Susanti)

Satpol PP Sita 9 Jerigen Arak
Pemilik Minta Perlakuan Adil

SUNGAILIAT – Satuan Polisi (Satpol) Pamong Praja (PP) Kabupaten Bangka menggerebek pabrik pembuatan arak skala besar di lingkungan Kuday, Rabu (22/11/2017). Sebanyak 9 jerigen ukuran 20 liter siap jual diamankan sebagai barang bukti.

Read More

Penggerebekan dipimpin oleh Kabid Penegak Perundang-Undangan Daerah Kabupaten Bangka, Achmad Suherman. Ave selaku pemilik pabrik arak mengaku arak yang diproduksi dalam jumlah besar ini diperuntukkan untuk kebutuhan sembahyang etnis cina di daerah ini. Namun pengakuan Ave ini dimentahkan petugas yang melakukan razia.

“Kalau untuk keperluan sembahyang, tidak mungkin arak ini di produksi dalam jumlah besar. Karena dari informasi yang didapat, arak ini dijual untuk umum,” kata Suherman.

Untuk itu, Suherman meminta kepada Ave untuk menghentikan aktifitas pembuatan arak tersebut dikarenakan melanggar Perda daerah ini. Atas peringatan yang diberikan tak membuat Ave gentar. Karena menurut dia, selama tempat-tempat lain di daerah ini masih memproduksi arak,ia akan tetap melanjutkan usahanya.

“Saya mau minta keadilan pak, kenapa ditempat saya saja. Dan pada intinya pak, kalau yang lainnya masih buat arak, saya juga buat dan kalau tidak ada lagi yang buat arak, saya juga berhenti pak,” ujarnya.

Mendengar hal tersebut, Suherman berjanji akan merazia tempat tempat yang dijadikan tempat untuk memproduksi minuman keras jenis arak. Selain itu kata Suherman, pabrik pembuatan arak milik Ave ini beroperasi dekat dengan salah satu SDN yang ada di lingkungan Kuday.

Bahkan kata dia, penggerebekan pabrik arak tersebut untuk yang kesekian kalinya dilakukan hingga Satpol PP Bangka mempidanakan Ave ke meja hijau Pengadilan Negeri Sungailiat pada 10 tahun yang lalu. “Sekitar 10 tahun yang lalu Ave pernah kita tangkap dan disidangkan di PN Sungailiat,” imbuhnya.

Dia berharap melalui peringatan yang diberikan diindahkan oleh Ave termasuk tempat tempat produksi arak lainnya. “Kalau masih membandel, kita tindak tegas nantinya,” pungkasnya. (snt/6)

Related posts