Owner Sirkuit Andri 1031 Boyong YZ250FX 

  • Whatsapp
RAKYATPOS.COM, PANGKALPINANG – Pasca Andri selaku Owner Sirkuit Grasstrak Andri 103 sempat menjajal ketangguhan dan sensasi mengendarai Yamaha WR155R pada Jumat (10/7) dalam event test ride yang dilaksanakan oleh CV. Sumber Jadi selaku Main Dealer Yamaha Bangka Belitung, membuat bang Andri kepincut untuk memboyong unit ini di CV. Sumber Jadi Jebus.
Andri tak tanggung-tanggung langsung mengangkut Yamaha YZ250FX yanng dibekali dengan seabrek teknologi dan part khusus dan juga mesin sangat powerfull serta spek yang memang dibuat untuk kebutuhan balap motocross maupun enduro racing.
Dari suspensi depan yang sudah terpasang tipe UpSideDown, lalu suspensi belakang yang bisa di setting sesuai kebutuhan pengendara unit YZ250FX ini sangat stabil melibas sirkuit dengan karakter apapun.
Mesin berkapasitas 250cc yang begitu bertenaga mampu mengajak “terbang”  dan melaju dengan cepat baik di tikungan maupun trek lurus.
“Kemarin, setelah coba WR di sirkuit saya langsung kepikiran untuk membeli YZ ini, karena Yamaha WR saja sudah enak banget buat di sirkuit ini, apalagi YZ. Yamaha YZ250FX ini adalah motor impian saya, dengan kapasitas engine dan performa yang luar biasa YZ250FX sangat mumpuni buat dilibas di sirkuit” ujar Andri dalam rilis yang diterima rakyatpos.com, Kamis (23//7/2020).
Sirkuit yang sedang viral ini ternyata di desain oleh Kemas yang merupakan putra asli Kecamatan Parit Tiga, Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangk Belitung (Babel).
Kemas juga turut mengawasi proses pembuatan sirkuit ini dari awal. Tidak cuma sebatas itu, nantinya di areal seputaran sirkuit ini akan dibangun sejumlah fasilitas untuk menunjang kelengkapannya.
“Nanti, di sini juga akan dibuat semacam kawasan wisata. Jadi, selain bisa menyaksikan race, pengunjung juga bisa bersantai di fasilitas yang saya sediakan, ” jelas Andri.
Diakuinya, harapan masyarakat Parit Tiga pun semakin tinggi akan munculnya bibit pembalap berprestasi yang akan membawa nama harum daerah.
“Dengan adanya sirkuit ini, pelaku balap bisa memanfaatkannya dengan maksimal namun tetap harus mematuhi aturan yang dibuat,” pesan Andri.
Sementara itu, menurut Area Manager Sumber Jadi Bangka Barat, Nurul Firdaus, Yamaha sangat mensupport keberadaan sirkuit ini.
“Semoga sirkuit Andri 1031 bisa jadi wadah yang tepat untuk membina anak muda, khususnya yang hobi balapan. Apalagi dengan di rilisnya Yamaha WR155R bisa jadi pilihan utama motor balap bagi masyarakat,” kata Nurul sembari menambahkan bahwa YZ250FX dibangun dari basis sebuah motocross yang tentunya menggunakan mesin 250 4-tak, yaitu YZ250F.
Area Control Marketing CV. Sumber Jadi Bangka Belitung, Oriansah.M atau disapa Oyik menjelaskan, segala macam spec dan teknologi yang terpasang di YZ250FX tergolong sebagai motor cross-country yang peruntukannya agak berbeda dengan motocross.
“Untuk YZ250FX Yamaha, membangunnya dari basis motocross YZ250F generasi tahun sebelumnya. Maka, Yamaha memberikan sejumlah ubahan, termasuk salah satunya melakukan tuning ulang pada bagian mesin agar karakter motor lebih nyaman ketika dipakai di lintasan off-road hingga cross-country,” jelas Oyik.
Pihaknya juga menyediakan beberapa kategori motor YZ dari 85cc hingga 450cc, bagi para petualang yang haus motor dengan teknologi racing seutuhnya.
“Silahkan datang ke dealer Yamaha terdekat di bumi serumpun sebalai ini, terima kasih pak Andri sudah mempercayakan,” ucap Oyik.
Berikut beberapa keunggulan dari Yamaha YZ250FX :
• Mesin YZ250FX dibangun dari basis mesin YZ250F yang sudah di-tuning ulang sesuai dengan kebutuhan cross-country
• Menggunakan port intake dan exhaust yang baru
• Sistem transmisi 6-speed wide ratio
• Dilengkapi dengan electric starter plus auto decompression tanpa ada kick starter
• Menggunakan kopling yang lebih kuat
• Tangki bahan bakar lebih besar, yaitu 8,2 liter
• Sasis model bilateral beam dari bahan aluminium yang sama seperti YZ250F
• Suspensi depan dan belakang menggunakan merek Kayaba yang di-tuning untuk kebutuhan cross-country
• Bisa melakukan setup mesin menggunakan dengan gadget melalui aplikasi Yamaha Power Tuner
• Ada tombol engine mapping di handlebar
• Bodywork baru yang lebih ringkas
• Dilengkapi standar samping
• Roda belakang 18 inch. (bis)

Related posts