Optimis Rehab Pelabuhan Tanjung Batu Selesai Akhir Tahun

  • Whatsapp

TANJUNGPANDAN – Proyek rehab trestel Pelabuhan Tanjung Batu, Desa Pegantungan Kecamatan Badau Kabupaten Belitung sudah mulai dilaksanakan sejak Selasa (06/08/2019). KSOP Tanjungpandan Afriyon yakin proses rehab ini selesai tepat waktu.

Pelaksanaan proyek dengan pagu dana sebesar Rp12,7 miliar dari Kementerian Perhubungan ini, mengalami keterlambatan satu setengah bulan dari jadwal perencanaan kerja sebelumnya.

Meski kontrak kerja dengan pelaksana rehab selama 6 bulan pengerjaan, namun Afriyon optimis rehab tersebut bisa selesai pada akhir tahun ini. Selama pengerjaan berlangsung, pelabuhan ditutup untuk aktivitas bongkar muat.

“Kita tidak boleh mendahului Tuhan, tapi ya mudah-mudahan cuaca mendukung, mudah-mudahan ya ibaratnya kegiatan semuanya lancar. Insya Allah clear semuanya pada akhir tahun,” sebut Afriyon kepada Rakyat Pos, belum lama ini.

Afriyon tak menampik adanya kendala dalam pelaksanaan rehab, terutama pengaruh cuaca. Namun ia berharap risiko tersebut dapat diminimalisir sehingga pelaksanaan proyek berjalan dengan lancar.

“Yang namanya pekerjaan proyek di luar tentunya cuaca akan berpengaruh, apalagi ini kegiatan bukan di dalam bangunan ya, tapi di laut jadi sangat riskan dan cuaca juga berpengaruh. Mudah-mudahan juga selama pekerjaan ini cuaca bisa diatasi,” ungkap Afriyon.

Ia menambahkan, pengerjaan proyek diawali dengan pembongkaran trestel pada segmen satu dan dua sepanjang 284 meter. Setelah itu baru dibangun ulang trestel pada dua segmen tersebut.

Rehab ini, hanya dilakukan pada lantai trestel dua segmen itu dan bagian antara lantai trestel dan tiang penyangga. Sedangkan tiang penyangganya sendiri masih digunakan tiang lama.

“Ini hanya rehab lantainya saja, untuk tiang-tiangnya tidak. Diperencanaan rehab ini juga tidak ada perbaikan pagar-pagar yang disamping itu,” pungkasnya.(dodi/3)

Related posts