OPD Pemprov Diharap Lindungi Arsip Pandemi Covid-19

  • Whatsapp
Kepala DKPUS Babel mendampingi Wakil ketua DPRD Beltim meninjau ruang Depo Arsip DKPUS Babel.(foto: istimewa).

RAKYATPOS.COM, PANGKALPINANG – Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Lingkungan Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Pemprov Babel), diharapkan untuk dapat melindungi dan menyelamatkan Arsip atau Dokumen terkait Covid-19.

Arsip atau Dokumen dimaksud, ditegaskan Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (DKPUS Babel), Asyraf Suryadin berkenaan pencegahan, pengendalian dan penanggulangan Covid-19, baik oleh Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 maupun oleh OPD-OPD terkait.

“Untuk itu, kami mengharapkan agar tidak sampai hilang dan tersimpan dengan baik, salinan outentik dokumen kebijakan yang telah dikeluarkan supaya segera diserahkan kepada dan disimpan di Lembaga Kearsipan Daerah (LKD) Provinsi atau Dinas Kearsipan dan Perpustkaan Provisi Kepulauan Bangka Belitung,” kata Asyraf, Selasa (14/7/2020).

Berkenaan dengan hal itu, kepada OPD terkait, ditambahkan Asyraf, DKPUS Babel akan mengirimkan surat yang akan ditanda tangani Gubernur melalui Sekda Provinsi Babel, berikut lampiran format daftar arsip.

Baca Lainnya

Surat tersebut sekaligus menindaklanjuti Surat dari Deputi Bidang Pembinaan Kearsipan Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI).

“Hal ini kita lakukan sebagai upaya menyelamatkan bukti akuntabilitas kinerja organisasi dan bahan pertanggung jawaban dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, serta menjamin ketersediaan arsip untuk generasi yang akan datang terkait penanganan Covid-19,” ujar Asyraf didampingi Kabid Pengelolaan Arsip Statis dan Dinamis.

Bagi Perangkat Daerah yang belum memiliki tenaga fungional arsip, kata Asyraf, dapat mengajukan permohonan pendampingan ke Kepala DKPUS Babel.(rel/aliyah/3).

Related posts