Omzet Pedagang Turun Dua Kali Lipat

  • Whatsapp
Aktivitas jual beli di Pasar Kite Sungailiat, Kabupaten Bangka, Selasa (24/3/2020). Sejak merebaknya virus corona atau covid-19, pedagang mengaku mengalami penurunan omzet hingga dua kali lipat. (foto: Riski Yuliandri)

SUNGAILIAT– Para pedagang di Pasar Kite Sungailiat, Kabupaten Bangka mengeluhkan sepinya pembeli setelah merebaknya virus Corona (Covid-19) di tanah air.

Salah satu penjual ikan, Hendri mengaku omzetnya kian menurun beberapa minggu terakhir karena dampak Corona. Penurunan omzet penjualan, katanya lebih dari separuh dari hari-hari biasa.

Read More

“Untuk omzet per hari jauh sekali menurun dibanding sebelum-sebelumnya, biasa omzet sehari mencapai tujuh jutaan, kini anjlog menjadi dua sampai tiga juta per hari,” kata Hendri saat ditemui di Pasar Kite Sungailiat, Selasa (24/3/2020).

Dia mengaku untuk ketersediaan ikan di Pasar Kite Sungailiat relatif aman dan bahkan harganya pun tergolong stabil.

“Kalau stok ikan banyak, harga ikan ini juga tidak ada kenaikan, seperti ikan ciu perkilo 25 ribu, ikan kembung 34 ribu, tongkol 25 ribu dan ikan bulat masih seperti biasa 45 ribu per kilo,” terangnya.

Bahkan, menurut Hendri, dampak dari Covid-19 ini juga terlihat dari sepinya kunjungan ke pasar yang mana biasa tutup pukul 12 siang kini hanya sampai pukul 09.00 Wib.

“Kami biasa berjualan dari jam empat pagi sampai jam 12 siang, tapi sekarang jam sembilanan saja pasar ini sudah sepi, mungkin karena mereka (pembeli-red) merasa takut,” tambahnya.

Dia berharap agar permasalahan terkait virus Corona ini dapat diselesaikan secepat mungkin agar pertumbuhan ekonomi kembali masyarakat dapat kembali normal.

“Tentunya kami sebagai penjual ikan sangat berharap agar virus Corona ini segera berakhir dan jangan sampai menyebar ke daerah kita,” harapnya. (mla/10)

JustForex

Related posts