Ombudsman Babel Lakukan PVL On The Spot

  • Whatsapp

PANGKALPINANG – Ombudsman Republik Indonesia Perwakilan Bangka Belitung (Babel) telah melakukan kegiatan yang bertajuk PVL On The Spot (penerimaan dan verifikasi laporan di tempat pelayanan publik) sebagai sarana “menjemput bola” dalam menangkap aspirasi, pengaduan atau keluhan terhadap pelayanan publik, konsultasi, serta sosialisasi mengenai tugas fungsi dan mekanisme dalam penanganan laporan masyarakat di Ombudsman. Kegiatan ini merupakan kegiatan rutin tahunan Ombudsman RI.

Dalam siaran pers yang diterima redaksi, kegiatan tersebut telah dilaksanakan selama empat hari pada 11-14 September 2019 bertempat di Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) Kota Pangkalpinang, dengan pertimbangan Samsat Pangkalpinang merupakan salah satu penyelenggara pelayanan publik yang ramai di akses oleh masyarakat, sehingga dapat memberikan kesempatan yang luas kepada masyarakat untuk berkonsultasi dan menyampaikan laporan atau pengaduan terkait penyelenggaraan pelayanan publik.

Pada saat penyelenggaraan, beberapa masyarakat telah berkonsultasi dan menyampaikan laporan kepada Ombudsman RI Perwakilan Babel diantaranya mengenai substansi pertanahan, pendidikan, kesehatan, perumahan rakyat, dan perbankan. Terhadap laporan yang disampaikan ke Ombudsman melalui kegiatan PVL On The Spot ini akan dilakukan verifikasi laporan dan dilanjutkan ke pemeriksaan substansi di bidang riksa bila memenuhi syarat formil dan materil laporan.

Selain hal tersebut, juga ada komitmen awal antara Ombudsman RI Perwakilan Babel dengan Kepala UPTD Samsat Kota Pangkalpinang untuk menguatkan sinergi kerjasama dalam rangka pelayanan publik yang baik kepada masyarakat dimasa yang akan datang. (rls/ron/6)

Related posts