Oktober, Pemprov Buka Rekrutmen CPNS

  • Whatsapp

Babel Usulkan 414 Formasi

PANGKALPINANG – Pada bulan Oktober 2019 mendatang, pemerintah akan kembali membuka formasi calon pegawai negeri sipil (CPNS) dan juga Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K).

Namun sayangnya, berapa banyak formasi yang diterapkan Kemenpan untuk Provinsi Babel, belum diketahui secara pasti.

“Dari hasil rakor dengan Kemenpan, beberapa waktu lalu, diputuskan bahwa rekrutmen akan dibuka bulan Oktober, belum tau di awal atau akhir, mudah-mudahan tidak ada perubahan,” kata Kepala BKPSDM Babel, Sahirman Jumli.

Baca Lainnya

Ia menyebutkan, Pemprov Babel mengusulkan 414 formasi, namun ia belum dapat memastikan apakah semua usulan ini disetujui atau tidak.

“CPNS secara nasional dibuka 100.000 formasi, kuota ini dibagi ke daerah, Babel dapat berapa kita belum tau, maunya kita semua usulan diterima,” imbuhnya.

Dalam rekrutmen kali ini, tambah Sahirman, pemerintah lebih memperbanyak kuota untuk P3K, 70 persen, namun ditegaskannya banyak daerah yang menolak membuka rekrutmen P3K lantaran banyak perbedaan dengan CPNS.

“P3K tanggungjawab APBD daerah, hanya menjadi tantangan, perbedaannya enggak dapat pensiun, beberapa daerah kurang minat, beberapa provinsi enggak ada yang daftar, tetapi itulah yang banyak dibuka Pemerintah, ini dinamika masing-masing daerah berbeda, prinsip kita, terima semuanya,” tandasnya.

Dalam rekrutmen tahun ini, Pemerintah masih membuka formasi untuk pelayanan dasar, seperti guru, tenaga kesehatan dan tenaga fungsional, sementara administrasi jika memang dibutuhkan, kemungkinan akan dibuka tetapi dengan jumlah yang lebih sedikit.

“Baik CPNS dan P3K diupayakan lebih banyak diberikan kepada formasi layanan dasar dan tenaga teknis, terutama guru, tenaga teknis dan jabatan fungsional,” jelasnya.(nov/6)

Related posts