Oknum Pegawai Lapas Muntok Kena OTT

  • Whatsapp

Polisi Amankan BB Rp500 Ribu
Uang Pelicin Agar Napi Tak Dipindahkan
Kalapas Sulit Ditemui

 

MUNTOK – Seorang oknum pegawai Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Muntok, Kabupaten Bangka Barat (Babar) berinisial DW, terjaring operasi tangkap tangan (OTT) Tim Saber Pungli Polres Babar, Kamis (25/7/2019).

DW diamankan polisi berikut barang bukti uang Rp500 ribu. Uang tersebut diduga sebagai uang pelicin yang diserahkan salah satu narapidana kepada oknum pegawai Lapas agar tidak dipindahkan ke Lapas Narkotika yang ada di Selindung, Pangkalpinang.

Saat dikonfirmasi, Ketua Tim Saber Pungli Polres Bangka Barat yang juga menjabat Waka Polres, Kompol Joko Triyono membenarkan OTT tersebut. Menurut dia, DW diamankan sekitar pukul 14.00 WIB di depan Lapas, berikut barang bukti uang tunai sebesar Rp500 ribu.

“DW sudah diamankan ke Polres untuk menjalani pemeriksaan. Penyidik masih melakukan pemeriksaan terhadap saksi salah satunya Kalapas Muntok Asep Hoilid Abdulah, ” ujar Joko saat dihubungi awak media, Jumat siang (26/7/2019).

Joko mengatakan, selain memeriksa DW dan Kalapas Muntok, pihaknya akan memanggil seluruh pegawai Lapas Muntok, termasuk warga binaan untuk dimintai keterangan. “Tidak menutup kemungkinan semuanya akan kita minta keterangan termasuk juga warga binaan,” kata Joko.

Disinggung uang 500 ribu yang didapatkan dari salah satu pegawai lapas, menurut dia, uang tersebut didapatkan dari salah satu warga binaan supaya tidak di pindahkan ke Lapas Narkoba yang ada di Selindung, Kota Pangkalpinang.

“Dari hasil pemeriksaan sementara terhadap beberapa saksi bahwa uang tersebut didapatkan dari salah satu warga binaan yang ada di situ, tujuannya supaya tidak di pindakan ke Lapas khusus Narkoba yang ada di Pangkalpinang,”tegasnya.

Sementara itu, Kalapas Muntok, Asep Hoilidi Abdullah saat dikonfirmasi wartawan melalui ponselnya meminta agar wartawan mendatangi kantornya. Hanya saja, pada saat sejumlah wartawan mendatangi kantornya Asep tidak berada di tempat. “Bapak sedang tidak ada di kantor, “ujar Okta, petugas jaga pintu utama Lapas Muntok, Jumat sore. (wan/10)

Related posts