ODP Capai 689 Orang, Semprotan Disinfektan PMI Babel Lanjut ke Kantor Perbankan

  • Whatsapp
Relawan PMI Babel menyemprotkan cairan disinfektan di rungan kerja Kantor Bank Sumsel Babel Syariah Pangkalpinang.(foto: ist/dok.pmi babel).

RAKYAT POS.COM, PANGKALPINANG – Berdasarkan Covid-19 di Babel yang ditayangkan di covid19.babelprov.go.id hingga Sabtu (4/4/2020) Pukul 21.00 Wib, Terkonfirmasi Positif Covid-19 sebanyak 2 orang terdiri dari 1 dalam perawatan dan 1 lagi meninggal dunia; Orang Dalam Pemantauan (ODP) mencapai 689 orang terdiri dari 486 Proses Pemantauan, 203 Selesai Pemantauan; Pasien Dalam Pengawasan (PDP) sebanyak 34 orang terdiri dari 18 orang Proses Pengawasan, 15 orang negatif, 1 orang positif.

Dari data tersebut, untuk data per Kabupaten/Kota se Babel: Kabupaten Bangka Selatan terkonfirmasi Positif 1 orang, ODP 120 orang, PDP 4 orang; Kabupaten Belitung Terkonfirmasi Positif 1 orang, ODP 180 orang, PDP 12 orang; Kota Pangkalpinang ODP 135 orang, PDP 6 orang; Kabupaten Bangka Barat ODP 26 orang, PDP 3 orang; Kabupaten Bangka ODP 128 orang, PDP 4 orang; Kabupaten Belitung Timur ODP 5 orang, PDP 4 orang; Kabupaten Bangka Tengah ODP 95 orang, PDP 1 orang

Read More

Untuk itu, langkah pencegahan penyebaran wabah pandemi Covid-19 terus dilakukan PMI Babel (Babel), yakni berupa penyemprotan disinfektan dan promosi kesehatan (Promkes).

Memasuki pekan ke-3 penanganan Covid-19, tepatnya Sabtu (04/04/2020), lokasi semprotan cairan disinfektan dan Promkes oleh relawan PMI Babel yang tergabung dalam Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Babel itu, berlanjut ke Kantor Perbankan yang ada di Kota Pangkalpinang, yakni Kantor Bank Sumsel Babel Syariah di Jalan Jenderal Sudirman, Kelurahan Air Salemba, Kecamatan Gabek, Pangkalpinang.

Yang menjadi tujuan penyemprotan di Kantor Perbankan ini, dijelaskan Idris selaku Koordinator Tim Penyemprotan PMI Babel, karena Kantor Perbankan menjadi salah satu tempat orang sering berkumpul untuk melakukan transaksi tunai ataupun non tunai.

Kondisi tersebut, dikatakan Idris, dinilai dapat menjadi salah satu tempat penyebaran wabah covid-19. “Kita lakukan penyemprotan di Bank Sumsel Babel Syariah atas dasar permintaan dari pihak Bank. Untuk relawan yang kita terjunkan sebanyak tiga orang dengan peralatan APD lengkap,” ungkap Idris.

Penyemprotan sendiri dilakukan secara menyeluruh dari lantai 1 hingga lantai 3, serta halaman Bank Sumsel Babel. Penyemprotan dilakukan dimulai dari pukul 09.30 WIB, dimulai dengan menyisir halaman depan bank mulai dari gerbang, mesin ATM beserta ruangannya, Pos Satpam, Dapur serta area parkiran.

Selepas halaman bank, kata Idris, tim bergerak melakukan penyemprotan mulai dari lantai 1 yang menjadi pusat layanan bank. Berlanjut ke lantai 2 yang berisi tempat kerja para staf dan karyawan bank untuk bagian legal, dan terakhir di lantai 3 yang merupakan ruang arsip dan berkas. Penyemprotan berakhir pukul 10.30 WIB.

“Kami juga lakukan Promosi Kesehatan kepada pihak bank untuk menyediakan fasilitas cuci tangan untuk para nasabah yang melakukan transaksi dan memberitahukan teknik atau cara cuci tangan yang baik dan benar. Kami juga memberikan saran kepada pihak untuk kedepannya dapat melakukan penyemprotan disinfektan secara mandiri dengan bahan sederhana,” kata Idris.

Mikron Antariksa Ketua Bidang Penanggulangan Bencana PMI Babel di tempat terpisah mengatakan, PMI Babel akan terus membantu pemerintah melakukan penyemprotan disinfektan dan promosi kesehatan, sebagai langkah mempercepat penanganan penyebaran Covid-19 di Babel.

“Kami mohon doa kepada masyarakat agar para relawan PMI, diberikan kesehatan dan keselamatan dalam bertugas, sehingga terus dapat melakukan aksi kemunusiaan guna mencegah penyebaran pandemi Covid-19, terutama di wilayah Babel,” ujar Mikron yang juga menjabat Kepala BPBD Babel itu.(rell/3).

JustForex

Related posts