by

Nomadic Tourisme, Solusi Pariwisata untuk Pulau Kecil

-Berita Kota-267 views

Pangkalpinang – Menteri Pariwisata RI, Arief Yahya, menegaskan, untuk pulau-pulau kecil di Indonesia, seperti yang dimiliki provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), direkomendasikan untuk mengembangkan pariwisata yang dikonsep bisa berpindah-pindah atau nomadic Tourisme.

“Kemenpar baru meluncurkan produk baru, sesuai sekali dengan Babel yang memiliki banyak pulau, nomadic tourism, semuanya kita buat temporer, akomodasi, ada karapan, tidak perlu membangun hotel tetapi ada home pot (homestay),” ungkap Menpar, Jumat (13/4/2018).

Ia mencontohkan, di Provinsi Kepri sudah berhasil dikembangkan dan ada sea plane, karena untuk membangun bandara di setiap pulau, pemerintah tidak akan sanggup, maka solusinya adalah sea plane yang bisa mendarat dimana saja.

“Babel yang punya ratusan pulau, akses pakai sea plane sangat strategis, disana gunakan kemah atau karapan di pulau,” imbuhnya.

Selain untuk sea plane, sasaran wisatawan asing yang menggunakan kapal yacht juga bisa dibidik, karena wisatawan yang berpergian menggunakan kapan ini menyukai liburan di pulau-pulau.

Di pulau yang akan dikembangkan, Arief menyarankan harus ada atraksi dan hiburan yang menyenangkan, atraksi yang bersifat nomaden atau bisa berpindah ke tempat lain.

Konsep ini, tegasnya, merupakan upaya mempercepat pembangunan di pulau tanpa merusak lingkungan dan alam.

“Kalau ada pulau gak dinikmati ya rugi juga, bisa dinikmati tanpa merusak, makanya inilah caranya untuk ngembangin pariwisata di pulau-pulau kecil,” tukasnya.

Secara umum, sambung mantan CEO PT Telekomunikasi Indonesia ini, Babel sebagai poros maritim dunia, dan sasarannya adalah wisatawan China yang suka dengan wisata bahari.

“Yang paling suka siapa, touris cina paling suka laut karena mereka sebagian besar daratan, hampir pasti kita arahkan ke sana, ujungnya tombaknya adalah wisata bahari, kalau secara nasional 60 persen di pantai, 25 persen sea zone, dan 15 persen underwater,” demikian Arief.(nov/3)

Comment

BERITA TERBARU