Ngaku Polisi, Kakek Sopian Palak Dua Remaja

  • Whatsapp

PANGKALPINANG – Makin tua makin menjadi. Ya, seorang kakek tua bernama Sopian (62) warga Kampung Opas terpaksa mendekam di sel tahanan Mapolsek Taman Sari, akibat ulah usilnya memalak dua remaja di Taman Mandara Pangkalpinang, Desember 2016 lalu.

Aksi kakek tua ini terbilang nekad. Pasalnya saat memalak dua remaja Karin (17) dan Muslimin (20), pelaku berpura – pura sebagai aparat kepolisian. Akibatnya, dari laporan para korban itulah Polsek Taman Sari melakukan penyelidikan.

“Kita kumpulkan semua keterangan dan informasi terkait kejadian ini. Ternyata, korban ini sudah 2 kali menjadi sasaran pemalakan pelaku. Makanya, korban bisa kenal betul dengan ciri-ciri pelaku. Hal ini pun sangat membantu kita untuk menelusuri keberadaan pelaku ini,” terang Kapolsek Taman Sari Kompol Irwan saat gelar perkara kemarin (12/2).

Akhirnya, dengan berbekal hasil lidik tersebut, polisi mengetahui identitas dari si pelaku. Maka, dilakukan upaya pengamanan terhadap sang kakek. Tepatnya tanggal 27 Januari 2017, polisi mendapatkan pelaku sedang berada di kawasan Alun-Alun Taman Merdeka (ATM) Pangkalpinang. Tak mau berlama-lama, tersangka pun diringkus sekitar pukul 22.00 WIB.

“Usai dilakukan penangkapan, pelaku kita giring ke Mapolres untuk diperiksa. Dari situ kita dapatkan keterangannya bahwa dia berpura-pura menjadi polisi saat melancarkan aksinya. Saat diketemukan dengan korban, pelaku pun mengakui perbuatannya tersebut. Akhirnya, kita tahan dan tetapkan sebagai tersangka,” terang Kapolsek.

Keterangan pelaku saat diperiksa lanjut, antara dia dengan korban bahkan sempat terjadi tarik menarik tas korban. “Korban memang sempat melawan, tapi karena dia ngaku polisi, korban jadi takut. Kita sampai sekarang masih tetap mengembangkannya apakah ada pelaku lainnya atau ada korban lain lagi yang menjadi sasaran pemalakan ini,” tegas Kapolsek. (das/7)

Related posts