Nekat Melarikan Diri Saat Diminta Menunjukkan Barang Curian, Betis Dada di Dor Buser

  • Whatsapp
Tim Buser Polres Pangkalpinang saat mengamankan dua pelaku pencurian, Minggu (9/2/2020).(foto: istimewa)

RAKYATPOS.COM, PANGKALPINANG– Akhi alias Dada (40) pelaku pencurian di sebuah bengkel kawasan Konghin, Desa Pedindang, Kabupaten Bangka Tengah harus merasakan timah panas di betisnya. Dia terpaksa didor anggota Buser Polres Pangkalpinang karena berusaha melarikan diri saat diminta menunjukkan barang hasil curiannya.

Dalam aksinya, Dada ternyata tidak sendirian. Dia bersama dengan rekannya, Suparman (37). Keduanya menyatroni bengkel milik Hendro pada Minggu (2/2/2020). Setelah masuk ke dalam bengkel dengan menggali lubang dari luar pagar kedua pelaku mengambil sejumlah barang berharga seperti piston, aki, blok mesin dan pelat besi yang menyebabkan korban merugi Rp 28 juta.

Muat Lebih

Tanpa disadari aksi dua pelaku ini terekam kamera CCTV di bengkel itu. Berbekal rekaman CCTV, petugas kemudian melakukan penyelidikan untuk menangkap pelaku dan akhirnya pada Minggu (9/2/2020), salah seorang pelaku yakni Akhi berhasil ditangkap.

“Pada saat tim buser berada di SPBU Jalan Muntok, tim melihat Akhi alias Dada menggunakan helm dan motor yang identik digunakan pelaku untuk mencuri, selanjutnya tim langsung melakukan penangkapan,” kata Kabag Ops Jadiman Sihotang seizin Kapolres Pangkalpinang AKBP Iman Risdiono Septana, Minggu (9/2/2020).

Ditambahkan Sihotang, dari keterangan Dada, tim langsung bergerak untuk melakukan penangkapan terhadap pelaku lainnya yakni Suparman alias Parman. Parman ditangkap tanpa perlawanan di sebuah kontrakan di Desa Terak, Kabupaten Bangka Tengah.

“Hasil dari interogasi, diketahui yang masuk ke dalam bengkel adalah pelaku bernama Akhi sedangkan Parman menunggu di luar pagar. Dari pengakuan Akhi, hasil curian tersebut dijual kepada pengumpul barang bekas di Pintu Air sejumlah Rp1,5 juta,”katanya.

Sihotang menambahkan, selain mengamankan pelaku dan seorang penadah, barang bukti berupa dua unit piston, dua unit blok mesin, lima unit aki GS, sepeda motor Vega dan barang bukti lainya ikut disita petugas. “Saat ini pelaku masih diamankan di Mapolres Pangkalpinang untuk menjalani pemeriksaan lebih lanjut,”katanya. (ist)

Pos terkait