Naik Gaji ASN, Pemprov Tunggu Pusat

  • Whatsapp

Pangkalpinang – Gaji Aparatur Sipil Negara (ASN) tahun ini direncanakan akan naik. Besaran kenaikan ini, memang belum ditetapkan ,dan Pemprov Babel sejauh ini juga masih menunggu keputusan mengenai kenaikan gaji tersebut.
Wagub Babel, Abdul Fatah menegaskan, kenaikan gaji merupakan kebijakan dari presiden, san dituangkan dalam peraturan serta melihat kemampuan keuangan negara.
“Setiap ada kenaikan tentu ada alokasi dari pusat, karena untuk gaji ini kan transfer dari pemerintah pusat ke daerah,” kata Wagub.
Ia menambahkan, apabila pemerintah pusat susah meneken kenaikan gaji ini, artinya pemerintah sudah menghitung besaran kenaikan dengan kondisi keuangan.
“Oleh karena itu tataran nasional kalau sudah melihat berapa bulan pasti di awal sudah luncurkan, kalau dalam dana alokasi umum memang ada untuk berkaitan belanja ASN, akan ada plusnya untuk kenaikan,” tandasnya.
Daerah, lanjut Fatah, sifatnya hanya menerima, dan dananya pun dari pusat, apabila memang nantinya ada kenaikan, maka dana yang ditransfer ke daerah pun akan ada lebih membayar kenaikan gaji ini.
Disamping kenaikan gaji, Fatah menegaskan, bahwa yang harus ditingkatkan dari ASN adalah kinerja, yang harus dapat diukur dan mencapai sasaran atau visi misi pemerintah daerah.
“Kinerja ASN harus dipacu, caranya menggunakan berbagai instrumen dan dipantau, bahwa apa yang dikerjakan masing-masing asn searah dengan tujuan program visi misi Pemprov Babel,” tukasnya.
Capaian kinerja ini, akan rutin dipantau oleh tim, dan akan melihat hasil kinerja yang dicapai oleh masing-masing ASN.(nov/6)

Related posts