Musrenbang Pelopor Perencanaan Pembangunan

No comment 386 views

  • Jamro: Wujudkan Akselerasi Pembangunan

JAMROTOBOALI – Bupati Bangka Selatan (Basel) Jamro berharap, Musyawarah rencana pembangunan (Musrenbang) rencana kerja pembangunan daerah (RKPD) tingkat Kabupaten, dapat menjadi pelopor perencanaan pembangunan, juga dapat menjadi forum koordinasi yang optimal dalam mengimplementasikan perencanaan pembangunan sesuai dengan peraturan perundang-undangan. Demikian dikatakannya saat membuka Musrenbang RKPD Kabupaten Basel di Gedung Serba Guna Kantor Bupati Basel, Rabu (12/3/2014).
“Seluruh Stakeholder diharapkan dapat saling mendukung dan bekerja sama dalam mewujudkan akselerasi pembangunan di Basel, penekanan terhadap koordinasi perencanaan pembangunan diharapkan dapat mengacu pada logika penciptaan kawasan pertumbuhan, pengembangan wilayah yang terpadu sesuai kondisi strategis kabupaten,” jelasnya. Selain itu, Jamro berharap, pertumbuhan ekonomi Basel akan mengalami peningkatan yang signifikan, sehingga dapat mendorong proses percepatan pembangunan terutama desa-desa tertinggal dengan lebih terarah dan terkendali.
Untuk mencapai hal tersebut, dibutuhkan perencanaan pembangunan yang terpadu, terintegrasi, terkoordinasi dan berkelanjutan yang berbasis pada sektor unggulan sehingga target pembangunan dapat tercapai dengan baik.
Sementara itu, Kepala BP3MD Basel, Agustu Afendi mengungkapkan, Musrenbang RKPD Kabupaten Basel dimaksudkan untuk mendapatkan masukan untuk menyempurnakan rancangan awal RKPD yang memuat prioritas pembangunan daerah dan pagu indikatif, berdasarkan fungsi SKPD serta mendapatkan rincian rancangan RKA SKPD, khususnya yang berhubungan dengan perencanaan pembangunan.
Agustu menyebutkan, Musrenbang Kabupaten ini merupakan rangkaian proses yang dimulai dari desa, dan kecamatan yang semuanya merupakan proses perencanaan sesuai dengan UU No 25 tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional. (raw/9)

No Response

Leave a reply "Musrenbang Pelopor Perencanaan Pembangunan"