Mulkan Minta Ritual Mandi Belimau Dilestarikan

  • Whatsapp
Wakil Bupati Bangka, Syahbudin mengikuti prosesi adat mandi belimau di Desa Jade Bahrin, Kecamatan Merawang, Sabtu (4/5/2019).(foto: istimewa)

Ziarah ke Makam Depati Bahrin

MERAWANG – Bupati Bangka, Mulkan bersama Wakilnya, Syahbudin melakukan ziarah ke makam pahlawan asal Kabupaten Bangka, Depati Bahrin di Desa Jade Bahrin, Kecamatan Merawang, Sabtu (4/5/2019).

Selain ziarah, keduanya juga melakukan ritual pembersihan diri yang pernah dilakukan oleh Depati Bahrin saat menjelang puasa yakni mandi belimau dengan istilah adat Bangka “Belanger”.

Dalam kesempatan itu, Mulkan mengatakan ritual yang diistilahkan “buang balak” dan membersihkan diri dalam adat Bangka jangan disalah artikan masyarakat dengan hal yang negatif.

“Proses ini memiliki makna dan tujuan yang sangat mulia dimana mengandung ukhuwah islamiah di dalamnya yakni dalam rangka bersilaturahmi dengan sesama muslim dan keturunan Depati Amir dan Bahrin yang datang langsung dari Kupang serta dengan masyarakat Kimak serta masyarakat Bangka pada umumnya,” ungkap Mulkan.

Prosesi adat yang kental akan unsur budaya ini menurutnya akan terus dilaksanakan karena merupakan salah satu budaya di Kabupaten Bangka yang harus dilestarikan.

“Ibaratnya sebuah pohon, ada dahan, daun dan ranting namun tidak ada buah, tentu tidak cantik, begitu pula dengan Kabupaten Bangka jika tanpa adat istiadat akan sepi,” terangnya.

Selain melestarikan, menjaga ukhwuah islamiah, adat tersebut, menurutnya, merupakan tanda cinta kasih masyarakat Bangka dan terimakasih dan mengenang jasa pahlawan yang berjuang demi merebut Bangka menentang kolonial Belanda. “Ambil sisi positifnya, yang negatif buang saja,” tambah Mulkan.

Pemkab Bangka, dia menegaskan, akan terus mempertahankan adat yang sudah dilakukan secara turun temurun terus agar tetap terjaga dan menjadi daya tarik wisatawan.

“Ini salah satu warisan budaya dari nenek moyang kita sehingga harua kita lestarikan dan menjadi daya tarik wisatawan untuk datang ke Bangka,” ungkapnya. (mg419/rls/10)

Related posts