Mulkan Minta Orangtua Perhatikan Gizi Anak

  • Whatsapp

SUNGAILIAT- Bupati Bangka, Mulkan meminta para kades ikut aktif dalam mengentaskan stunting yang ada di kabupaten itu. Kades dapat berperan membantu pemda membuat strategi dalam menjaga gizi balita dan ibu hamil di daerahnya.

Mulkan mengatakan penyebab stunting bukan karena permasalahan ekonomi tetapi diakibatkan pola asuh kurang baik yang dilakukan oleh para orangtua.

“Disini pemerintah desa juga harus aktif untuk menyelesaikan masalah stunting di desanya masing-masing. Para aparat desa harus lebih perhatian lagi sama warganya,” ungkap Mulkan, Jumat (24/5/2019).

Orang nomor satu di Kabupaten Bangka tersebut mengatakan bantuan yang diberikan pemda untuk penanganan stunting harus berdasarkan aturan yang berlaku agar tidak terjadi permasalahan di kemudian hari.

“Kita membantu orang boleh saja tapi tetap harus perhatikan aturannya, kalau aturan hukumnya tidak berbenturan maka kita harus kasih bantuan,”kata Mulkan.

Pemkab Bangka, tambah dia, juga membantu dengan memberikan beberapa bahan kebutuhan pokok seperti tepung tapioka, sagu serta minyak goreng di beberapa lokasi daerah yang dianggap rentan stunting.

“Bantuan ini kita berikan bertahap ke daerah-daerah yang angka stuntingnya tinggi atau rentan stunting secara bergantian. Kita harap kedepan tidak ada lagi stunting di daerah kita,” pungkas Mulkan.

Menurutnya kebanyakan masyarakat di desa kurang memperhatikan asupan gizi anak-anaknya dengan tidak mempedulikan makanan anak ataupun saat sedang mengandung.

“Secara ekonomi rata-rata berkecukupan tapi kebanyakan warga kita di desa-desa ini tidak memperhatikan asupan makanannya, asal anak kenyang sudah, tidak mikir vitamin dan gizi lagi,” terangnya.(mg419/10)

Related posts