Mulkan Minta Optimalkan Pemanfaatan Lahan Pertanian

  • Whatsapp
Bupati Bangka, Mulkan didampingi istri dan sejumlah pejabat saat panen semangka di kawasan Bedeng Ake, Kecamatan Sungailiat, Selasa (13/8/2019). (foto: Riski Yuliandri)

SUNGAILIAT- Bupati Bangka, Mulkan menginginkan pemanfaatan lahan harus bisa dioptimalkan agar bisa membantu perekonomian masyarakat. Hal tersebut disampaikan dia saat ikut panen raya perdana semangga nonbiji di kawasan Bedeng Ake, Kecamatan Sungailiat, Selasa (13/8/2019).

Menurutnya dengan pemanfaatan lahan untuk sektor pertanian akan mendapatkan nilai ekonomi dan mendatangkan income bagi masyarakat itu sendiri.

“Para pelaku usaha tani harus jeli memanfaatkan lahan pertanian seperti ini, karena bercocok tanam ini merupakan kegiatan positif sebagai sumber nafkah keluarga,” ungkap Mulkan.

Dia mencontohkan kebun semangka di kawasan Bedeng Ake yang bisa menghasilkan buah yang besar dan keuntungan bagi warga.

“Kita bisa lihat hasil panennya cukup lumayan dan buahnya juga besar-besar. Perawatan dan nunggu panennya juga tidak butuh waktu lama cuma berapa bulan saja sudah bisa dipanen dan menghasilkan uang,” tambahnya.

Mulkan menegaskan mendukung penuh kegiatan sektor pertanian dan meminta para petani yang ada di Kabupaten Bangka untuk dapat berkolaborasi ataupun berkonsultasi dengan para ahli.

“Kami sebagai pemerintah daerah sangat mendukung sekali kegiatan pertanian seperti ini. Jangan lupa juga berkonsultasi dengan para ahli agar hasilnya bisa lebih maksimal,” terangnya.

Ia juga meminta kepada leading sektor dinas terkait untuk terus melakukan upaya dalam mengembangkan potensi SDM handal yang bergerak di sektor pertanian di Kabupaten Bangka.

“Kepada dinas pertanian, Pak Kemas (Kepala Dinas-red), kita minta juga untuk melakukan koordinasi dengan para ahli dalam bidang ini agar keberhasilan sektor pertanian komoditi apapun dapat mendatangkan kesejahteraan bagi petani kita,” pungkasnya.(mla/10)

Related posts