Mukjizat, Masjid Al-Ihsan Selamat dari Kobaran Api

  • Whatsapp
Berdiri Kokoh- Masjid Al-Ihsan di Jalan Yos Sudarso, Kelurahan Lontong Pancur, Kecamatan Pangkalbalam tetap berdiri kokoh pasca kebakaran yang terjadi Jumat (23/8/2019). Kebakaran menghanguskan tiga kios yang berada di sebelah masjid ketika jemaah sedang mendengarkan khotbah Jumat. (foto: Bambang Irawan)

Susanto: Ini Karunia Allah

PANGKALPINANG – Kebakaran hebat menghanguskan tiga kios di Jalan Yos Sudarso, Kelurahan Lontong Pancur, Kecamatan Pangkalbalam, Kota Pangkalpinang, Jumat (23/8/2019) sekitar pukul 12.00 WIB. Persis disebelah lokasi kebakaran, Masjid Al-Ihsan masih berdiri kokoh. Masjid ini tidak tersentuh sedikitpun jilatan api dan asap tebal yang sempat membubung tinggi.

Keajaiban dan kekuasaan Allah SWT benar-benar ditunjukkan dalam kebakaran ini. Padahal, saat itu umat Islam yang tinggal di kawasan itu sedang khusyuk mendengarkan khutbah yang disampaikan oleh khotib salat Jumat.

Pantauan Rakyat Pos di lokasi, masjid ini benar-benar bersih dan sama sekali tak ada tanda sedikitpun jilatan api. Padahal, rumah yang tepatnya berada di belakang tembok di lokasi kebakaran, tampak menghitam akibat panasnya api dan asap tebal.

“Alhamdulillah, kalau seperti itu karunia Allah kepada kita makhluknya, termasuk juga masjid. Masjid inikan tempat kita ibadah, zikir dan lain-lain,” ujar Plt Kepala Satuan Polisi Pamong Praja dan Dinas Kebakaran Kota Pangkalpinang, Susanto yang ikut kagum melihat Masjid Al-Ihsan yang tak tersentuh api.

Dia bahkan mengatakan, kekuasaan Allah ditunjukkan di dalam Masjid Al-Ihsan ini sebagai bukti bahwa orang Islam yang beribadah dengan ikhlas di masjid ini. “Makanya seperti itu. Mungkin bukan hanya api, tapi kita juga kalau berniat tidak benar ke masjid itu, kita langsung mendapat azab dari Allah,” ulasnya.

Apalagi menurut Mantan Camat Taman Sari ini, kalau datang ke tempat ibadah sebagai bukti ada karomah dari Allah. “Mungkin ada karomahnya, tapi itu kadangkala tidak masuk akal. Tetapi, inilah kenyataan yang ada,” urainya.

Menurut Susanto yang juga pernah menjabat Camat Taman Sari ini mengatakan baru kali ini dirinya menyaksikan peristiwa yang diluar nalar dan langka. “Seumur hidup saya, kejadian seperti itu merupakan kejadian yang langka, belum pernah kita saksikan. Namun, hari ini kita menyaksikan kebesaran Allah,” tuturnya.

Sebetulnya, kata dia, semua kejadian itu tergantung dari niat manusia sebagai makhluk Allah SWT. “Sama halnya juga kita pemadam kebakaran, tergantung niat kita. Niat kita adalah lillahi ta’ala menolong warga,” ujar Susanto.

Sekali lagi, dia mengharapkan masyarakat untuk ikut membantu petugas kebakaran dalam mengantisipasi terjadinya kebakaran. “Bantulah kami biar kita sama-sama dapat pahala dari Allah Swt. Itu salah satu contoh yang nyata buat kita yang hidup,” ujarnya. (bis/10)

Related posts