Mukhsin: Tabiat Anak Berasal dari Orangtua

  • Whatsapp
Asisten Administrasi Umum Sekda Bangka, Akhmad Mukhsin didampingi Kepala Dindikbud Kabupaten Bangka, Padli saat menghadiri bimtek pendidikan keluarga di Tanjung Pesona Sungailiat, Kamis (6/4/2017). (foto :ist)

Bimtek Pendidikan Keluarga Digelar

SUNGAILIAT- Asisten Administrasi Umum Sekda Bangka, Akhmad Mukhsin mengatakan lingkungan keluarga merupakan pendidikan yang pertama karena dalam keluarga inilah anak pertama-tama sekali mendapatkan pendidikan juga dikatakan lingkungan yang utama, karena sebagian besar dari kehidupan anak adalah di dalam keluarga, sehingga pendidikan yang paling banyak diterima oleh anak dari dalam keluarga.

“Tugas utama dari keluarga bagi pendidikan anak adalah sebagai peletak dasar bagi pendidikan akhlak dan pandangan hidup keagamaan,” jelas Mukhsin ketika mewakili Bupati Bangka pada bimbingan teknis penyelenggara pendidikan keluarga pada satuan keluarga di Kabupaten Bangka, Kamis (6/4/2017) di Auditorium Depati Amir Tanjung Pesona Sungailiat.

Menurutnya, sifat dan tabiat anak sebagian besar diambil dari kedua orangtuanya dan dari anggota keluarga yang lain, bagi seorang anak keluarga merupakan persekutuan hidup pada lingkungan keluarga tempat dimana dia menjadi pribadi atau diri sendiri. Keluarga juga merupakan wadah bagi anak dalam konteks proses dalam mengembangkan dan membentuk diri dalam fungsi sosialnya.

“Disamping itu keluarga merupakan tempat belajar bagi anak dalam segala sikap untuk berbakti kepada Tuhan sebagai perwujudan nilai hidup yang tertinggi dengan demikian jelasnya bahwa orang yang pertama dan utama bertanggungjawab terhadap kelangsungan hidup dan pendidikan adalah orang tua,”katanya.

Mukhsin menambahkan orangtua juga perlu memperkuat dan meningkatkan komunikasi dengan satuan pendidikan dimana anak- anak memperoleh pendidikan dan ketrampilan untuk bekal menjalani kehidupan dalam hal ini perlu merajut kemitraan antara orang tua dengan satuan pendidikan, mulai tingkat Pendidikan Anak Usia Dini ( PAUD), TK, SD, SMP sampai dengan tingkat SMA/SMK.

“Sudah bukan waktunya lagi orang tua menyerahkan sepenuhnya anak- anak ke satuan pendidikan, sebaliknya satuan pendidikan juga diharapkan dapat memberdayakan orang tua dan keluarga untuk membangun kemitraan dalam rangka menumbuhkan budi pekerti, membangun budaya prestasi , serta memastikan kesehatan dan kebugaran anak,” tutur Mukhsin.

Sementara itu Ketua Panitia Pelaksana Bimtek, Siti Nurmina menjelaskan Bimtek diikuti 50 peserta, berlangsung selama tiga hari, 6-8 Maret 2017. Pembukaan Bimtek dihadiri Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Bangka, Padli dan undangan lainnya.(Rus/Humas/10)

Peran Orangtua Bentuk Pribadi Anak

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Kabupaten Bangka, Padli mengibaratkan anak bagaikan kertas putih ataupun gelas yang berisi air bening sehingga diperlukan peran orangtua, keluarga maupun lingkungan untuk membentuk pribadi sang anak.

“Jadi orangtua lah yang mewarnainya mau jadi putih, merah, kuning, hijau yang membentuknya karena pribadi anak dipengaruhi keluarga dan lingkungan. Keluarga dan lingkungan sangat besar pengaruhnya” kata Padli, Kamis kemarin.

Padli mengatakan, dalam mendidik anak dibutuhkan kedisplinan dan anak harus diajarkan untuk mandiri sehingga nanti mereka bisa menjadi pribadi yang tangguh.

“Kalau orang tua saya dulu kalau dak ngaji, dak belajar dak dikasih makan malam. Kalau saya ada pengebuk kasur. Kalau anak saya dak belajar digebuk sama pengebuk kasur. Jadi lama-lama tanpa digebuk mereka sudah terbiasa belajar,” kata Padli.

Ia juga mengajarkan anaknya untuk bertanggung jawab. Dari awal ia sudah mewanti-wanti anaknya agar tidak melakukan tindak kriminal maupun menggunakan narkoba.

“Saya katakan kepada anak saya kalau kamu melakukan tindak kriminal ditangkap polisi saya dak nolong. Kalau kamu terlibat narkoba saya dak bakalan nolong. Kalau mau merasakan coba saja. Alhamdulillah dak ada anak saya yang berbuat kriminal dan pakai narkoba,” ujarnya dihadapan para kepala sekolah.

Menurutnya peran orang tua dalam mendidik anak sangat penting agar anak bisa bertanggung jawab terhadap kehidupannya sendiri dan menjadi pribadi yang mandiri.(snt/10)

Related posts