MUI Deklarasi Beli dan Bela Produk UMKM Babel

  • Whatsapp

PANGKALPINANG – Majelis Ulama Indonesia (MUI) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) mendeklarasikan beli dan bela produk lokal sebagai upaya untuk mempromosikan produk UMKM.
Tak saja hotel, restoran dan organisasi perangkat daerah (OPD), tetapi masyarakat juga diajak untuk membeli produk-produk UMKM lokal.

“Kita sudah launching untuk beli dan bela produk Babel, kami juga sudah surati beberapa OPD agar menyediakan produk lokal, demikian juga di hotel dan restoran, untuk menyajikan makanan atau produk UMKM Babel,” kata Ketua LP-POM MUI Babel, Nardi Pratomo kepada wartawan baru-baru ini.

Dia menginginkan, agar produk UMKM Babel ini dapat berjaya di Provinsi Babel dan dikenal oleh seluruh lapisan masalah, baru kemudian produk ini dikenal luas di berbagai provinsi lain bahkan hingga ke mancanegara. “Maunya kita, produk Babel ini berjaya di Babel, biarlah produk lain berjaya di daerah lain, yang penting di Babel produk kita ini dikenal,” tukasnya.

Nardi menegaskan, jangan hanya produk China yang membanjiri pasar di Babel, namun produk lokal juga harus membanjiri pasaran di Babel. “Produk Cina masuknya luar biasa, makanya harus kita beli produk sesama kita dan minta kepala dinas daerah sediakan produk asli produk lokal, seperti keripik dan lainnya,” tandasnya.

Sementara itu, Gubernur Babel, Erzaldi Rosman menegaskan semua OPD sudah paham dengan beli dan bela produk Babel ini, sehingga ia meyakini tanpa diingatkan pun masing-masing OPD sudah menyiapkan produk Babel di meja tamu di masing-masing OPD.

“Saya rasa mereka sudah tau dan kita berharap produk Babel memang semakin dikenal dan laris, masyarakat diajak mencintai produk dari Babel,” ujarnya.

Demikian juga dengan di ruang tamu Gubernur Babel, beberapa produk khas Babel dari pelaku UMKM sudah tersusun rapi di dalam toples dan dinikmati oleh setiap tamu gubernur.

Senada dengan gubernur, Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Babel Elfiyena menegaskan di dinasnya bahkan sudah sejak lama disediakan produk dari pelaku UMKM, apalagi dinas yang dipimpinnya memang membidangi UMKM.

“Kita selalu sediakan produk dari UMKM, dengan membeli produk UMKM, membuat pelaku UMKM menjadi lebih semangat dalam memasarkan produknya dan berinovasi menciptakan kreasi baru,” pungkasnya. (nov/10)

Related posts