Muara Kualo Dikoordinasi ke Satker APBN

  • Whatsapp

SUNGAILIAT – Muara Kualo dan beberapa Jembatan yang terletak di Jalan Raya Sungailiat Belinyu tepatnya berusaha dikoordinasikan ke Satker Kementerian PU maupun pihak provinsi. Hal ini untuk mengantisipasi terjadinya musibah, terutama ketika datang musim penghujan, yang mana tempat-tempat itu vital perannya.
“Kita berusaha mengkoordinasikan seperti beberapa jembatan di ruas Sungailiat-Belinyu,kayak di Deniang. Termasuk juga muara kita tidak mau berulang-ulang, kita berharap untuk saluran kan tidak ada batasan status, kabupaten boleh, provinsi boleh dan pusat boleh. Dengan adanya DPRD Provinsi kemaren kita berharap provinsi ikut membangun dengan sharing dana,” sebut Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan dan Perhubungan Kabupaten Bangka, Chairil Anwar, kemarin (21/2/2017) di ruang kerjanya.
Terkait muara Kualo, saat ini sedang dilakukan kajian kontruksi apa yang layak dan pantas di lokasi tersebut. Sehingga diharapkan bila nanti pihak provinsi melakukan koordinasi bisa sama-sama membahas rencana terbaik untuk muara kualo yang kerap buntu dan menghambat sirkulasi air hingga mengakibatkan banjir di daerah hulu.
Sementara untuk jembatan yang berada di dekat Kelurahan Kuday tidak jauh dari Jembatan Sinar Jaya juga diharap jadi perhatian. Jembatan jaman Belanda tersebut saat musim penghujan tidak lagi bisa menampung debit air. Hal itu karena gorong-gorong yang ada masih kecil sehingga diminta untuk dibuatkan lebih besar.
“Jembatan yang dekat jembatan Sinar Jaya kita juga minta untuk dipikirkan perbaikannya. Karena kondisinya sekarang masih pakai gorong-gorong lama dan kecil. Sekaligus juga kita minta buatkan talud di sekitarnya,” sebut Hairil.
Sementara itu terkait muara Kualo dan sebuah jembatan di Kuday, anggota DPRD Provinsi Babel, Dian Rasyid menyatakan akan memperjuangkannya. Untuk muara akan dipikirkan sebaiknya dibangun seperti apa agar pasir tidak menutup bibir muara.
“Kita kaji dulu apakah dipasang talud seperti di matras atau bagaimana. Termasuk juga talud di sekitarnya perlu dipikirkan,” sebut Dian Rasyid. (2nd/6)

Related posts