by

MTQ Momentum Tingkatkan Minat Baca Al-Qur’an

TOBOALI – Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) ke VII tahun 2018 tingkat Kecamatan Toboali Kabupaten Bangka Selatan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, resmi dibuka Selasa (13/3/2018).

MTQ yang digelar di Masjid Nurul Huda Desa Jeriji Kecamatan Toboali itu, dibuka oleh Bupati Basel melalui Asisten Pembangunan dan Kesra Asri Husman.

Pembukaan Kegiatan yang bertemakan “Melalui MTQ Ke VII Tingkat Kecamatan Toboali Tahun 2018 kita gali potensi, minat dan bakat melalui Generasi qur’ani yang unggul, cerdas, dan berakhlakul karimah” tersebut, dihadiri Wakil Ketua DPRD Basel Ansyori Norman, Kabag Kesra Suprayitno, Camat Toboali Jusvinar, Ketua MUI Basel Ust. Rosidi, Perwakilan kemenag Basel, Kepala KUA Toboali, Babinkamtibmas Basel, Tokoh Agama Basel H. Zahirin, Perwakilan Wasprod Toboali, Lurah dan Kades di Kec. Toboali, BPD Jeriji, Qori dan Qoriah, serta Tim PKK Jeriji.

Dalam sambutannya, Camat Toboali Jusvinar mengatakan ajang MTQ tersebut merupakan momentum untuk meningkatkan minat baca Al-Qur’an secara berkelanjutan

“Saya mengucapkan terimakasih kepada Pemdes dan masyarakat Jeriji yang telah memfasiltasi kegiatan ini sehingga dapat diselenggarakan. Disini bukan arena saling menjatuhkan, tetapi ini merupakan lomba yang bisa menjadi momentum bagi Qori, Qori’ah, Hafiz dan Hafizah untuk meningkat minat baca Al-Qur’an,” ungkapnya.

Menurutnya, jangan sampai setelah menjadi peserta bahkan menjadi pemenang nantinya minat baca Al-Qur’an kembali menurun.

Oleh karena itu, dirinya mengajak masyarakat yang hadir untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan anak-anak salah satunya dengan meningkatkan baca Al-Qur’an agar tidak terbuai dengan kondisi perkembangan teknologi sehingga mengurangi minat membaca Al-Qur’an.

Sementara, Bupati Basel Justiar Noer yang dibacakan oleh Asri Husman berharap, kegiatan tersebut dapat memberikan motivasi bagi para generasi muda untuk meningkat minat baca Al-Qur’an

“Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan dorongan dan motivasi kepada generasi muda agar gemar membaca Al-Qur’an di tengah-tengah perkembangan teknologi yang terus membuat minat baca Al-Qur’an bagi para generasi semakin menurun,” harapnya.

Ia juga berharap kepada Dewan hakim agar dapat memberikan penilian seadil-adilnya sehingga menghasilkan Qori dan Qori’ah yang benar-benar layak untuk berkompetisi ditingkat Kabupaten, Provinsi bahkan ditingkat Nasional.

Peserta kegiatan tersebut berasal kelurahan dan Desa yang berada di kecamatan Toboali. Adapun Kategori MTQ yang dilombakan antara lain Kaligrafi dengan jumlah peserta 22 orang, Syahril Qur’an jumlah peserta 5 regu @ 3 orang, Fahmil Qur’an jumlah peserta 6 regu @ 3 orang, Hifzil Qur’an 1 juz 9 orang dan 10 juz 1 orang, Tilawah Dewasa 11 orang, anak 9 orang dan remaja 14 org, Tartil qur’an berjumlah 20 orang dengan jumlah Dewan hakim sebanyak 14 orang. (raw/3)

Comment

BERITA TERBARU