Meriahnya Perayaan Idulfitri ala Pemkot Pangkalpinang

  • Whatsapp

PANGKALPINANG – Pemerintah Kota (Pemkot) Pangkalpinang menggelar sejumlah kegiatan menyambut dan merayakan Idul Fitri 1 Syawal 1440 Hijriah.

Pada malam takbir, sebanyak 100 mobil ikut serta meramaikan Festival Beduk dan Takbir Keliling, Selasa (4/6/2019).

Kegiatan dimulai dari Jalan Merdeka Kota Pangkalpinang untuk selanjutnya berkeliling sejumlah daerah.

“Saya begitu terharu dengan kejadian hari ini. Ini mengingatkan saya pada masa kecil dulu,” ujar Wali Kota Pangkalpinang Maulan Aklil saat melepas Festival Beduk dan Takbir Keliling

Dia mengucapkan terima kasih kepada peserta yang sangat antusias mengikuti festival yang menurutnya kebanggaan bagi seluruh masyarakat Pangkalpinang.

Molen begitu dia disapa, berjanji tahun depan kegiatan serupa akan dilaksanakan dengan lebih meriah.

Keesokan harinya, Rabu (5/6/2019), ribuan umat Islam di Kota Pangkalpinang memadati Alun-alun Taman Merdeka untuk menunaikan ibadah salat Idul Fitri.

Tampak di antara para jama’ah Wali Kota Pangkalpinang dan keluarga, Wakil Wali Kota Pangkalpinang Muhammad Sopian, Ketua DPRD Kota Pangkalpinang Achmad Subari, Forkopimda Provinsi Kepulauan Babel, Forkopimda Kota Pangkalpinang, para pejabat Pemkot Pangkalpinang, tokoh agama dan tokoh masyarakat di Kota Pangkalpinang.

Molen mengimbau masyarakat agar memanfaatkan momentum Idul Fitri dengan penuh kegembiraan.

“Semoga terjalin silaturahmi yang hakiki, tumbuh rasa persaudaraan yang sejati, dan terbinalah kerukunan antar kita semua. Antarumat Islam, antarumat Islam dengan saudara-saudara kita selain Islam dan antarumat beragama dengan pemerintah,”harap Molen.

Dia mengucapkan terima kasih yang tulus kepada semua masyarakat Pangkalpinang yang selama ini telah ikut serta memelihara kenyamanan dan keamanan sehingga kita semua merasakan kehidupan yang aman di Pangkalpinang Kota Beribu Senyuman.

Molen berharap bisa menjadi pemimpin yang amanah dengan menjalankan kewajiban yang menjadi tanggung jawabnya. Oleh sebab itu, dia mengajak masyarakat Pangkalpinang untuk sama-sama memajukan Kota Pangkalpinang.

Terpantau, acara Open House di Rumah Dinas Wali Kota Pangkalpinang dipenuhi antrian warga yang ingin bersilaturrahim dengan Wali Kotadan keluarga.

Molen dan istri Monica Haprinda dengan sabar dan penuh senyuman melayani warga yang ingin bersalaman dengan keduanya.

Saat open house, masyarakat yang datang dijamu dengan menu khas lebaran seperti ketupat, lepat, opor ayam, rendang dan lain-lain. Tak hanya itu, masyarakat pun bisa menikmati bakso, otak-otak, sate, dan buah-buahan.

“Lepet (lepat), harus ada lepet,”ujar Molen menjawab pertanyaan awak media mengenai makanan favoritnya.

Menurut dia, makna Idul Fitri baginya pribadi. Dia mengungkapkan makna Idul Fitri ini adalah kita kembali seperti lahir yaitu suci.

“Mudah-mudahan kita setelah Idul Fitri ini kembali seperti manusia yang fitrah, menjauhi segala larangan Allah, menjalani segala kewajiban perintah Allah swt,” harapnya.

Pada kesempatan ini, Molen kembali mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat Pangkalpinang. “Mohon maaf lahir dan batin. Mari kita menjaga keamanan, kenyamanan, dan ketertiban kota kita biar senyum (sejahtera, nyaman, unggul dan makmur),” ujarnya. (bum/10)

Related posts