by

Meriahnya Hari Jadi Kota Pangkalpinang ke-261, Plt Walikota: Pangkalpinang Maju Masa Depan Gemilang

-Moment-295 views


PANGKALPINANG – Peringatan Hari Jadi Kota Pangkalpinang ke-261 tahun 2018 berlangsung meriah. Hal ini tercermin dalam rangkaian kegiatan yang digelar Pemerintah Kota Pangkalpinang.

Setelah sehari sebelumnya dilaksanakan acara Nusantara Etape Kota Pangkalpinang bersama Staf Ahli Bidang Ekonomi Kreatif Kementerian Pemuda dan Olahraga, Joni Marlizar dan Nganggung Akbar di Alun-alun Taman Merdeka Pangkalpinang, Pemkot Pangkalpinang menggelar upacara peringatan Hari Jadi Kota Pangkalpinang, di halaman Kantor Walikota Pangkalpinang, Senin (17/9/2018).

Upacara dihadiri oleh seluruh pejabat utama dan pegawai di lingkungan Pemkot Pangkalpinang, Kajari Pangkalpinang, Dandim 0413/Bangka, Kapolres Pangkalpinang, serta elemen masyarakat. Plt Walikota Pangkalpinang, Muhammad Sopian bertindak selaku Inspektur Upacara dengan mengenakan pakaian adat Teluk Belanga.

Dalam amanatnya, Sopian mengatakan di usia yang ke-261 Kota Pangkalpinang, masih banyak kekuatan dan potensi yang harus digali, tantangan yang harus dihadapi, serta kelemahan yang harus diperbaiki untuk Kota Pangkalpinang menjadi lebih baik. Hari Jadi ke-261 Pangkalpinang kali ini mengambil tema ‘Dengan Semangat Hari Jadi ke-261 Pangkalpinang Meniti Kemajuan Menuju Masa Depan Gemilang’.

“Memang telah banyak yang kita lakukan untuk Kota Pangkalpinang ini, tapi tugas dan pengabdian kota belum selesai. Masih banyak hal yang harus kita perbaiki bersama untuk membangun, mengembangkan, dan pelestarian Kota Pangkalpinang demi terwujudnya Pangkalpinang gemilang di masa mendatang,”kata Sopian.

Menurutnya, peringatan Hari Jadi Kota Pangkalpinang merupakan suatu peristiwa sejarah yang dianggap penting sebagai tonggak atau momentum keberadaan sebuah kota. Peristiwa sejarah itu diharapkan dapat melahirkan angan-angan moral, menjadi sumber inspirasi, introspeksi dan edukasi, serta sebagai momentum yang dapat dijadikan faktor pemicu dan pemacu semangat mentalitas dan moralitas untuk membangun Kota Pangkalpinang.

“Dengan memperingati hari jadi Kota Pangkalpinang, diharapkan tumbuh pemahaman terhadap perkembangan Pangkalpinang dari satu tahapan ke tahapan berikutnya dan diharapkan juga akan tumbuh kesadaran dan spirit yang tinggi dari warga Pangkalpinang untuk merasa memiliki kotanya, memiliki kepedulian dan secara bersama cepat tanggap dalam persoalan pembangunan masyarakat dan pembangunan Pangkalpinang,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu, ia mengajak seluruh elemen masyarakat untuk bersinergi dengan pemerintah kota dalam membangun dan mengembangkan Pangkalpinang menjadi damai, aman, tentram dalam lingkungan yang bersih, sehat, teratur dan dalam keberkahan.

“Mudah-mudahan kota yang kita cintai ini dapat berkembang, terus maju dengan segala fasilitas-fasilitas pelayanan masyarakat. Semoga keberlangsungan pembangunan Pangkalpinang dapat terlaksana menuju kejayaannya dan Pangkalpinang Pangkal Kemenangan,” harapnya.

Pemberian pin pinang emas kepada sejumlah tokoh yang dianggap berjasa bagi Pangkalpinang menjadi bagian dari upacara ini. Rangkaian Hari Jadi ke-261 Ibukota Provinsi Bangka Belitung ini kemudian juga dilanjutkan dengan agenda paripurna istimewa.

Sebanyak empat orang tokoh mendapatkan penghargaan pin pinang emas yaitu Sofiandi Salim yang dinilai berjasa dalam bidang perhotelan, John Sumampau di bidang pariwisata, Nurdin Yusuf di bidang kepemudaan dan olahrga dan Sri Asnamawati Yusuf yang dinilai berjasa di bidang pembinaan dan pembimbing kader PKK selama 39 tahun (1979-sekarang). Pin Pinang Emas diserahkan oleh Ketua DPRD Pangkalpinang Achmad Subari, jajaran pimpinan DPRD Pangkalpinang, dan Plt Walikota. (bum/10)

 

 

 

 

 

Comment

BERITA TERBARU