Meriahkan HUT ke-74 RI, JSS Gelar Aneka Lomba

  • Whatsapp
Lomba makan kerupuk yang digelar Komunitas Jurnalis Sepintu Sedulang (JSS) di Kompleks Jalan Baru Sungailiat, Sabtu (24/8/2019).(foto: Riski Yuliandri)

SUNGAILIAT- Puluhan anak dan orang tua bersuka cita mengikuti berbagai perlombaan yang dilaksanakan oleh Komunitas Jurnalis Sepintu Sedulang (JSS) di Kompleks Jalan Baru Sungailiat, Sabtu (24/8/2019).

Perlombaan tersebut sengaja dibuat oleh JSS untuk memeriahkan HUT ke-74 RI. Namun selain lomba makan kerupuk, bawa kelereng dengan sendok dan memasukan paku dalam botol, panitia juga melombakan lagu-lagu nasional, membaca Pancasila serta menggambar pahlawan nasional.

Ketua JSS, Ibnu mengatakan kegiatan tersebut untuk mengenalkan dan menumbuhkan cinta anak-anak ataupun generasi muda kepada tanah air Indonesia.

“Sesuai dengan tema kita ‘Menumbuhkan Jiwa Nasionalisme Sejak Dini’, jadi kita sengaja membuat lomba menyanyi lagu-lagu nasional, baca pancasila dan menggambar pahlawan nasional agar mereka tau perjuangan kemerdekaan Indonesia ini,” ungkapnya.

Menurutnya lomba-lomba tersebut secara tidak langsung dapat menimbulkan kecintaan anak-anak terhadap negaranya dengan mencari tahu dan menghafal pancasila sebelum perlombaan dimulai.

“Sebelum lomba, mereka pasti akan menghafal pancasila, lagu-lagu nasional dan mencari foto atau gambar-gambar pahlawan nasional. Inilah yang kita mau, dengan lomba 17-an ini bisa menumbuhkan keingintahuan anak. Sejarah dan perjuangan pahlawan jangan sampai dilupakan,” tambah Ibnu.

“Kegiatan ini memang sangat sederhana tapi maksud kami mengadakan ini juga selain dalam memeriahkan HUT ke-74 RI, ini juga bisa menjadi ajang silaturahmi. Dengan begini kita bisa kumpul sama-sama dan ikut bermain bersama,” terang Ibnu.

Dia berharap dengan perlombaan ini, anak-anak bisa lebih mencintai negara dan lebih mengenal para pahlawan nasional dan perjuangan dalam kemerdekan Indonesia.

“Perlombaan yang kita lakukan hari ini hanyalah bentuk sebagian kecil rasa hormat kita kepada Bangsa ini. Dan yang paling penting, dengan jenis perlombaan yang kita gelar ini dapat meningkatkan jiwa nasionalisme kepada anak-anak dari gempuran perkembangan jaman,” tutupnya.(mla/10)

Related posts